Waspada Leher Knalpot Keropos Usai Motor Terendam Banjir

Author Administrator | Date 2021-04-16 19:05:55 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Salah satu komponen yang rawan berkarat saat motor terendam banjir adalah knalpot motor. Terutama di area leher knalpot yang memang rawan berkarat karena posisinya terbuka dan ada di area bawah.

Leher knalpot ini rawan berkarat dan keropos apalagi di musim hujan seperti sekarang ini. Belum lagi jika motor terendam banjir, pasti karat akan datang lebih cepat.

Kondisi knalpot berkarat hingga keropos ini bisa bikin knalpot bocor. "Knalpot bocor ini bisa kita deteksi biasanya dari suara yang berubah," ucap Kusnadi dari Movic Custom Exhaust yang workshopnya di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara, dikutip dari GridOto.com.

Suara knalpot bocor karena keropos pasti suaranya jadi aneh, tidak seperti biasanya. "Kalau dari performa umumnya tenaga jadi agak ngempos, tarikannya terasa berat," yakinnya.

Menurut Icux sapaan akrab Kusnadi, konsumsi bensin juga bisa lebih boros karena efek tarikan yang lebih berat akibat knalpot bocor tadi.

"Knalpot bocor ini jangan terlalu lama dibiarkan, efeknya air jadi rawan masuk juga ke area knalpot," tambahnya. "Ujung-ujungnya nanti air bisa masuk ke ruang bakar, nanti berbahaya buat setang dan piston kalau sampai masuk ke mesin," wantinya.

Masih menurut Icux, knalpot bocor atau keropos selama masih belum terlalu parah, masih bisa diakali dengan cara dilas.

"Untuk las knalpot bocor itu mulai Rp 30 ribu saja, tapi tergantung kerusakannya juga," tutupnya. Nah, jadi perhatikan bagian leher knalpot kalian jika motor habis terendam banjir. Segera bersihkan dan beri penetran sebelum munculnya karat.

Artikel terbaru kami

Honda PCX 160 Check Engine Nyala, Belum Tentu Rusak, Penyebabnya Bisa Jadi Ini

Baca Selengkapnya

Hal yang Wajib Dipahami jika Ingin Turing Sepeda Motor Malam Hari

Baca Selengkapnya

Puasa, Pengendara Motor Waspada Dehidrasi

Baca Selengkapnya

5 Cara Jaga Kondisi Sokbreker Motor Tetap dalam Kondisi Prima

Baca Selengkapnya