Wajib Tahu Ini Manfaat Oli Bekas

Author Administrator | Date 2020-11-28 07:26:26 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Bagi pemilik sepeda motor tentu bukan hal yang sulit untuk mengganti oli atau pelumas sendiri di rumah. Nah usai mengganti pelumas, terkadang muncul kebingungan harus diapakan oli bekas yang dihasilkan? Tentu untuk membuang oli bekas ini harus berhati-hati karena oli bekas termasuk ke dalam Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 1999. Nah untuk hal ini, sebaiknya pemilik kendaraan menggunakan oli bekas ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Berikut manfaat oli bekas seperti mengutip Medcom.id:

1. Manfaat Oli Bekas Bisa Jadi Ladang Bisnis

Oli bekas sebenarnya masih laku dan bisa dijual ke pengepulnya. Anda bisa manfaatkan untuk menjualnya ke para penampung oli bekas untuk mendapatkan pendapatan lebih. Akan lebih terasa lagi manfaatnya jika Anda juga mengumpulkan oli bekas lainnya. Sehingga ketika dijual, maka uang yang dihasilkan lebih banyak. 

2. Bahan Pembakaran

Perlu diingat oli merupakan salah satu zat yang mudah sekali terbakar. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kalian menggunakan pelumas bekas sebagai bahan pembakaran untuk kayu atau sampah yang akan kalian bakar. Mengingat manfaat oli bekas bisa dijadikan sebagai bahan pembakaran, harus hati-hati dalam menggunakannya. 

3. Pengawet Kayu

Siapa sangka ternyata pelumas bekas sangat ampuh untuk sebuah kayu. Penggunaan oli di kayu ternyata bisa menjaga dari rayap-rayap.  Caranya, oli bekas dan solar tersebut kamu campur ke dalam sebuah wadah dengan perbandingan racikan 1:1. Setelah kamu campurkan oli bekas dan solar tersebut, selanjutnya kamu bisa oleskan langsung ke kayu dan diamkan hingga mengering. 

4. Pelumas Rantai

Oli bekas ini juga bisa digunakan untuk melumasi sejumlah komponen lainnya, salah satunya rantai kendaraan.  Namun penggunaannya tak boleh sembarangan karena harus memastikan oli yang di pakai masih layak untuk digunakan. Apabila oli bekas tersebut sudah benar-benar kotor, lebih baik jangan digunakan untuk rantai. 

5. Penghilang Karat

Selain mengusir rayap, ternyata oli memiliki sifat menghilangkan korosi. Contohnya bisa dimanfaatkan untuk pagar yang terbuat dari besi yang sudah berkarat. Dengan menggunakan oli bekas bisa menghilangkan karat yang membandel di pagar rumah. Caranya cukup mudah dengan mengoleskan saja dan diamkan beberapa menit. Selanjutnya tinggal usap dengan lap dan bisa dibersihkan dengan air bersih.


 

Artikel terbaru kami

Alat ini Wajib Dibawa Saat Touring

Baca Selengkapnya

Ingat, Helm juga Punya Masa Pakai

Baca Selengkapnya

Tips Pengereman Motor Saat Kecepatan Tinggi, Sudah Tahu?

Baca Selengkapnya

Bocoran Honda CBR 150R 2021

Baca Selengkapnya