Tips Naik Motor Sport Agar Tidak Pegal

Author Administrator | Date 2021-12-04 18:28:02 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Seperti yang kita ketahui, kegiatan touring atau berkendara motor jarak jauh, bisa menjadi kegiatan yang terbilang sangat menyenangkan. Akan tetapi, kegiatan tersebut terkadang menimbulkan beberapa masalah. Seperti halnya badan menjadi pegal, tubuh kaku, dan lain sebagainya. Apalagi touring yang dilakukan menggunakan motor gede (moge) atau motor sport yang identik posisi duduknya membuat tubuh lebih mudah capek.

Nah, bagi anda yang ingin berkendara motor sport, namun bisa terhindar dari pegal ataupun capek, maka bisa membaca tips yang sudah kami sediakan dibawah ini.

Tips yang kami bagikan ini tidak hanya berlaku ketika menjalani touring saja, melainkan juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memperhatikan tips sederhana ini, maka mengendarai motor sport pun akan terasa lebih menyenangkan. Seperti apa? Berikut rincian selengkapnya.

1. Pastikan Kondisi Tubuh Sedang Fit

Untuk menjadikan proses berkendara berjalan normal, maka sudah sepatutnya jika anda memperhatikan kesehatan. Paling tidak, ada harus pemanasan terlebih dahulu dengan olahraga ringan. Jika bertujuan untuk touring, maka bisa diterapkan sejak seminggu sebelumnya.

Dengan kondisi tubuh bugar, dan otot lentur alias tidak kaku, maka hal tersebut bisa menghindari rasa capek dan pegal ketika berkendara.

2. Cek Kondisi Motor

Meski terbilang sederhana, namun dengan memastikan kondisi motor sudah siap touring atau menempuh perjalanan jarak jauh. Maka beberapa hal yang mungkin menjadi kendala bisa dihindari. Salah satu contohnya ialah mengecek kondisi mesin, peredam kejut, tekanan ban, oli, dan air radiator.

Dengan melakukan pengecekan secara menyeluruh, akan meredam getaran mesin yang menjadi penyebab tubuh lebih mudah capek dan pegal.

3. Posisikan Tubuh Sesuai Bentuk Motor

Secara umum, mengendarai motor sport memposisikan tubuh dalam keadaan bungkuk. Nah, supaya tidak cepat pegal, maka sangat penting untuk mengikuti postur bodi dengan posisi duduk.

Seperti halnya mensejajarkan tangan dengan bahu, serta mengkondisikan lengan supaya lebih santai pada saat berkendara. Dalam hal ini, posisi duduk juga bisa ditarik sedikit ke belakang, yakni dengan kaki mengapit tangki bensin.

4. Kenakan Pakaian Dalam Yang Nyaman

Jika hendak berkendara jarak jauh, tidak hanya motor yang perlu diperhatikan keamanannya. Namun juga dari segi kenyamanan anda dalam berkendara. Dalam hal ini, anda bisa mengenakan pakaian dalam dengan bahan katun dan sedikit lebih longgar. Tujuannya ialah supaya lebih nyaman pada bagian selangkangan.

Jika pakaian luar sudah mengenakan jeans, dan jaket, maka usahakan bagian dalam lebih lembut dan tidak menimbulkan panas. Intinya dalam hal ini ialah untuk mencegah alergi kulit yang bisa saja timbul akibat keluarnya keringat.

5. Pilih Rute Yang Tidak Padat (Macet)

Sebelum berangkat atau sedang beristirahat, akan lebih baik jika anda mengecek kondisi jalan yang akan dilalui. Bisa dengan mencari informasi atau pantauan lalu lintas secara online. Atau bisa juga dengan bantuan Google maps dan sejenisnya.

Hal tersebut bertujuan untuk mencegah anda terjebak macet yang secara tidak langsung akan membuat tubuh pegal. Sebab secara tidak langsung anda harus menarik gas, mengerem, dan mensejajarkan motor dalam waktu lama dan berulang.

6. Menepi Sejenak Untuk Istirahat

Pada saat mengendarai motor dengan rute jarak jauh, akan lebih baik dan bahkan disarankan untuk berhenti dan beristirahat setiap lima jam sekali. Namun jika berkendara motor sport, justru lebih baik berhenti dalam 3 jam sekali. Terlepas dari kebutuhan istirahat, hal tersebut juga dengan tujuan mendinginkan mesin.

Selain bisa menghilangkan pegal, istirahat (menghentikan motor) tersebut juga akan membuat kondisi mesin kembali normal.

7. Perbanyak Minum Air Mineral / Isotonik

Secara tidak sadar, berkendara dengan jalanan aspal panas, membuat tubuh lebih gampang berkeringat. Bahkan bagi sebagian orang terkadang membuat kondisi tersebut menjadi pusing. Jadi dalam hal ini, usahakan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

Yakni dengan meminum lebih banyak air mineral atau isotonik untuk mencegah dehidrasi. Hal ini juga sangat berpengaruh untuk mencegah tubuh pegal. Apabila memang ingin buang air kecil, segera cari tempat seperti halnya SPBU, ataupun rest area. Sebab jika ditahan, justru bisa mengganggu kesehatan anda.

8. Jangan Membawa Banyak Barang

Jika berkendara jarak jauh menggunakan motor sport, serta terbebani dengan bawaan yang berat. Justru akan membuat kontrol motor terasa lebih berat. Secara tidak langsung, hal tersebut akan membuat tubuh lebih cepat pegal. Khususnya jika anda menggunakan tas punggung yang berat. Akan lebih baik, jika memang terpaksa, letakkan barang bawaan tadi di bagian jok penumpang (belakang).

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai Tips Naik Motor Sport Agar Tidak Pegal. Semoga bisa membantu.

 

Solusi Jual Motor Cepat dari Moped

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Ternyata Ini Penyebab Oli Mesin Motor Bisa Bocor

Baca Selengkapnya

Simak Aturan Lengkap Perjalanan Darat, Laut dan Udara terkait PPKN Level 3 Nataru

Baca Selengkapnya

PPKM Level 3 Selama Natal dan Tahun Baru 2022, Baca Aturan Lengkapnya

Baca Selengkapnya

Menakjubkan, Pasutri Keliling 25 Negara Pakai Motor Honda Supra

Baca Selengkapnya