Tips Aman Naik Motor pada Malam Hari Bagi Perempuan

Author Administrator | Date 2021-08-04 20:17:43 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Perempuan harus perhatikan ini ketika berkendara motor malam-malam. Pada dasarnya, standar keselamatan tetap harus diperhatikan, entah itu ketika berkendara di siang hari, maupun malam hari. Namun, ada yang mesti ekstra dilakukan khusus di malam hari seperti berikut ini, terutama bagi perempuan, dikutip dari Wahana Honda:

1. Pilih rute 
Saat berkendara di malam hari, pilih rute terdekat dengan tujuan, demi keamanan. Pastikan rute tersebut merupakan jalur yang aman. Pertimbangkan juga waktu tempuh, cari yang tercepat.

2. Pastikan handphone selalu aktif
Sebelum pulang di malam hari, pastikan handphone tetap aktif. Recharge sebelumnya dan pastikan pulsa atau paket data tersedia. Hal ini penting untuk mengantisipasi kondisi darurat. Tak ada salahnya juga untuk menyimpan nomor-nomor penting yang dapat dihubungi dalam keadaan emergency.

3. Pakai safety gear
Jangan sepelekan kondisi jalan di malam hari. Selalu gunakan helm, jaket, dan sepatu untuk berkendara dengan motor di malam hari, meski hanya akan menempuh jarak dekat.

4. Jaga kecepatan berkendara
Jalanan yang sepi di malam hari bisa memicu keinginan untuk ngebut dan segera sampai di rumah. Namun, tentu saja hal ini bukanlah perilaku bijak berkendara. Meski sepi sekalipun, risiko insiden tetaplah ada. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap menjaga kecepatan dalam batas wajar ketika berkendara dengan motor di malam hari. 

5. Hindari pemakaian perhiasan berlebihan
Sebaiknya jangan mengenakan perhiasan secara berlebihan, demi keamanan di jalan. Apalagi, perhiasan yang berlebihan berisiko memancing perhatian penjahat.

Bagaimana jika terjadi hal darurat?

Apabila motor mengalami kendala di tengah perjalanan, pastikan untuk menepi ke tempat yang aman sebelum mencari bantuan. Namun apabila yakin sedang menjadi incaran pelaku kejahatan, tak ada salahnya membunyikan klakson berkali-kali untuk menarik perhatian warga di sekitar dan meminta pertolongan.

Artikel terbaru kami

Ini Alasan SIM Tidak Berlaku Seumur Hidup Seperti KTP, Polisi Beri Penjelasan

Baca Selengkapnya

Masuk Bulan Agustus, Penggolongan SIM C Dimulai, Ini Syarat dan Perbedaan CI dan CII

Baca Selengkapnya

Bahas Perbedaan Suspensi Belakang Honda PCX 160 dengan Versi Lawas

Baca Selengkapnya

Cara Setting Traksi Kontrol di Honda PCX 160

Baca Selengkapnya