Ternyata Spoiler Pada Helm Punya Fungsi yang Sangat Penting

Author Administrator | Date 2021-08-03 23:40:21 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Kamu harus tahu, pada helm terdapat sebuah spiler yang ternyata punya fungsi sangat penting untuk pengendara motor saat dipakai.

Spoiler merupakan sebuah lubang yang bentuknya dibuat seperti sayap yang ada di bagian atas helm atau bagian belakang.

Ada sebuah alasan mengapa bagian ini diciptakan, bukan hanya digunakan untuk pemanis atau hiasan saja. Penambahan bagian ini berhubungan dengan kenyamanan pengguna kendaraan. 

Helm akan semakin ringan lagi jika terdapat tambahan spoiler helm di bagian belakangnya.  Pada saat melaju dengan kendaraan roda dua ini tentu kepala dan leher akan cepat terasa lelah. Apalagi jika Anda harus mengendarai selama beberapa jam lamanya. 

Namun rasa lelah ini bisa dikurangi dengan menggunakan jenis helm yang memiliki tambahan spoiler. Nah, yang dimaksud dengan spoiler ini adalah sebuah tambahan pada helm berupa perangkat yang ditempelkan berbentuk kecil seperti sayap. 

Mengutip Federal Oil, ada fungsi spoiler helm yang perlu dikenali oleh pengendara karena penambahannya bukan sekedar hiasan saja. Spoiler ini memiliki fungsi untuk meningkatkan aerodinamika pada saat Anda melaju dengan sepeda motor di kecepatan tinggi. 

Tambahan spoiler ini akan membuat gaya angkat lebih kecil dan berkurangnya turbulensi di belakang. Otomatis beban yang harus ditopang oleh leher berkurang dan helm jadi lebih nyaman untuk digunakan. 

Masih belum percaya? Anda bisa membandingkan dengan mencobanya langsung. Cobalah untuk menggunakan helm tanpa spoiler and melaju kencang dengan motor. 

Pada kecepatan 250 km/ jam maka helm akan terasa lebih berat karena adanya tekanan kuat dari arah depan. Hal ini tentu sangat mengganggu saat Anda berkendara karena tekanan angin membuat beban helm semakin berat. 

Berbeda jika Anda menggunakan tambahan spoiler helm. Walaupun berada di kecepatan 250 km/ jam helm tidak akan bergerak atau terasa berat. 

Jadi fungsi dari spoiler pada helm ini tidak bisa dianggap remeh. Sebagian besar pembalap biasanya menggunakan jenis helm yang sudah memiliki spoiler dari pabrikan. Walaupun sebenarnya juga ada jenis helm yang memiliki spoiler bongkar pasang.
 

Artikel terbaru kami

Ini Alasan SIM Tidak Berlaku Seumur Hidup Seperti KTP, Polisi Beri Penjelasan

Baca Selengkapnya

Masuk Bulan Agustus, Penggolongan SIM C Dimulai, Ini Syarat dan Perbedaan CI dan CII

Baca Selengkapnya

Bahas Perbedaan Suspensi Belakang Honda PCX 160 dengan Versi Lawas

Baca Selengkapnya

Cara Setting Traksi Kontrol di Honda PCX 160

Baca Selengkapnya