Sobat Moped Ingin Suspensi Motor Lebih Awet ? Begini Caranya

Author Administrator | Date 2021-03-01 05:01:03 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Suspensi atau sering disebut  shockbreaker terkadang menjadi komponen motor yang diabaikan. Namun, memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang kenyamanan dalam berkendara.

Fungsi dari  suspensi motor sendiri adalah untuk meredam getaran atau kejutan selama berkendara di jalan. Misalnya, saat Anda melewati polisi tidur yang cukup tinggi atau melewati jalanan yang berlubang.

Maka dari itu penting untuk tetap menjaga kondisi komponen motor yang satu ini agar tetap prima. Mengutip  Wahana Honda, ada beberapa tips merawat suspensi motor yang bisa Anda lakukan.

Jaga kebersihan suspensi

Suspensi memang rawan kotor karena  terbuka. Terlebih pada hujan seperti saat ini, harus senantiasa dijaga kebersihannya agar fungsinya tetap optimal dan tidak terganggu. Menumpuknya kotoran pada komponen tersebut  nantinya akan membuat suspensi terasa keras dan tidak nyaman saat digunakan.

Perhatikan oli pada suspensi

Komponen yang satu ini bekerja meredam kejutan dengan bantuan dari pelicin maupun oli. Tanpa adanya oli yang melapisi bagian suspensi, sudah dapat memastikan bantingan komponen ini terasa keras dan tidak nyaman. Tak hanya itu, suspensi yang tidak melayani oli atau cairan pelicin juga lebih mudah patah jika digunakan. Terlebih jika Anda sering melewati jalanan yang rusak, berbatu atau jalanan berlubang sekali pun.

Bawa barang berlebih

Cara merawat suspensi agar lebih awet selanjutnya adalah dengan cara tidak membawa barang bawaan yang berlebihan. Bagaimanapun, komponen suspensi ini memiliki batas kemampuannya dalam mengelola barang bawaan. Jika Anda naik beban yang di luar kapasitas komponen tersebut. Maka risiko suspensi rusak dan patah akan jauh lebih besar.

Jalan rusak dan berlubang

Jalanan  yang rusak dan berlubang juga menjadi salah satu faktor penyebab suspensi cepat rusak. Jika memungkinkan lebih baik Anda cari jalan lain yang memiliki medan mulus dan tak banyak lubang. Turunkan laju kecepatan motor Anda sebelum melewati polisi tidur, jalanan berlubang atau apapun yang bergelombang. Hal ini akan mengurangi risiko kerusakan komponen shockbreaker pada motor.

Artikel terbaru kami

Ini Penyebab Paling Umum Electric Starter Tidak Mau Menyala

Baca Selengkapnya

AHM Kenalkan 12 Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT)

Baca Selengkapnya

Pentingnya Difensive Riding Sebelum Memulai Berkendara

Baca Selengkapnya

Mirip Honda Vario 150, Begini Cara Pakai Keyless Honda Scoopy Baru

Baca Selengkapnya