Simak Tips Belajar Berkendara Motor Bebek yang Benar

Author Administrator | Date 2021-10-13 20:49:49 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Bagi pemula, belajar teknik mengendarai sepeda motor relatif lebih mudah dibandingkan kendaraan bermotor lainnya. Waktu yang dibutuhkan untuk mahir mengendarai sepeda motor pun terhitung lebih singkat. 

Salah satu jenis sepeda motor yang mudah ditemui di jalanan Indonesia adalah motor bebek atau juga disebut cub atau underbone. Meski popularitasnya tidak setinggi skuter matik (skutik), di daerah dengan kontur perbukitan yang banyak jalan turunan dan tanjakan lebih umum terdapat motor bebek. 

Berbeda dengan skutik yang tinggal gas dan rem, untuk mengendarai motor bebek diperlukan kemampuan mengoper gigi perseneling agar motor dapat melaju dengan lancar. Sebelum skutik jadi favorit, motor bebek juga dianggap lebih nyaman ketimbang motor sport karena tidak menggunakan kopling manual.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, memberikan tips agar lebih mudah menguasai teknik mengendarai motor bebek. "Bagi pengendara pemula yang ingin belajar motor (transmisi) manual sebaiknya belajar perpindahan gigi dengan mendirikan standar tengah (motor tidak berjalan). Fungsinya untuk membiasakan mengoper gigi," kata Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Berikutnya, ia menyarankan untuk belajar membiasakan diri dengan sistem pengereman untuk rem belakang yang berbeda dengan motor skutik. Sebab bagi yang sudah terbiasa mengendarai skutik dengan tuas rem belakang di tangan, akan ada masa-masa grogi saat awal mengendarai motor bebek dengan sistem rem belakang berupa pedal di kaki. 

"Ketika sudah terbiasa dengan perpindahan gigi baik naik dan turun, serta pengereman rem belakang, maka pengendara bisa langsung praktik dengan kecepatan rendah terlebih dahulu," kata Agus lebih lanjut. 

Jika sudah terbiasa, baru coba menyesuaikan kecepatan dengan situasi terkini di jalan. Jangan terburu-buru mempraktikkan berkendara dengan motor bebek di jalan umum jika kebiasaan yang sudah dijelaskan sebelumnya belum benar-benar terbentuk dengan baik.

 

Solusi Jual Motor Cepat dari Moped

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Cara Blokir STNK agar Tidak Kena Pajak Progresif

Baca Selengkapnya

Sudah Sekitar 90 Ribuan Orang Bikin SIM via Aplikasi Sinar

Baca Selengkapnya

Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Solusi untuk Menanganinya

Baca Selengkapnya

Hindari Kebiasaan Buruk Ini saat Memiliki Sepeda Motor

Baca Selengkapnya