Saat Musim Hujan Jangan Pakai Bohlam LED Tipe Ini

Author Administrator | Date 2021-04-15 19:38:08 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Saat musim hujan banyak bikers yang ingin mengubah bohlam lampu motor. Apalagi mengganti bohlam lampu halogen ke lampu LED. Ternyata, saat mengganti bohlam motor, enggak boleh asal memilih lampu LED. Soalnya ada bohlam LED yang kurang cocok dipakai saat musim hujan.

Bohlam LED jenis apakah yang tidak cocok digunakan pada musim hujan? "Sebenarnya untuk lampu LED dengan Correlated Color Temperature atau CCT berkisar dari 5.000 sampai 6.000 Kelvin itu tantangannya adalah saat hujan," buka Febry Aditya Perdhana selaku Product Manager Untuk Osram Automotive area ASEAN, dikutip dari GridOto.com.

Bohlam LED yang punya rentang CCT dari 5.000 sampai 6.000 Kelvin punya sinar warna putih. "Kalau untuk hujan rintik-rintik sampai hujan ringan, bohlam LED yang berkisar 5.000 sampai 6.000 Kelvin masih bisa menembusnya," jelas pria yang akrab disapa Adit ini.

"Tapi ketika hujan deras, sinar cahaya-nya jadi agak sulit dilihat," sambungnya. Untuk mengakali hal itu, beberapa pabrikan memberikan karakter warna yang berbeda pada bohlam yang Kelvin-nya berada dari 5.000 Kelvin sampai 4.000 Kelvin.

"Kalau bohlam LED 5.000 sampai 6.000 Kelvin buatan Osram sendiri, karakter warnanya enggak putih, ada perpaduan kuning sedikit," jelas Adit. "Fungsinya saat terjadi cuaca buruk (misalnya hujan deras) masih ada berkas cahaya yang kelihatan," tuturnya.

Bisa diambil kesimpulan kalau bohlam LED terlalu putih memang terang. Namun, saat cuaca buruk seperti hujan deras atau kabut, lampu jadi samar dan akhirnya sulit untuk melihat jalan.

Makanya, jika daerah kalian sering turun hujan deras atau kabut, sebaiknya pilih LED yang punya spesifikasi di bawah 5.000 Kelvin.

Artikel terbaru kami

Honda PCX 160 Check Engine Nyala, Belum Tentu Rusak, Penyebabnya Bisa Jadi Ini

Baca Selengkapnya

Hal yang Wajib Dipahami jika Ingin Turing Sepeda Motor Malam Hari

Baca Selengkapnya

Puasa, Pengendara Motor Waspada Dehidrasi

Baca Selengkapnya

5 Cara Jaga Kondisi Sokbreker Motor Tetap dalam Kondisi Prima

Baca Selengkapnya