Posisi Tubuh yang Baik dan Benar Saat Mengendarai Sepeda Motor

Author Administrator | Date 2022-01-19 13:16:04 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Banyak anggapan bahwa berkendara menggunakan sepeda motor jauh lebih menguras tenaga dibandingkan dengan menggunakan kendaraan lainnya seperti mobil. Hal tersebut memanglah benar, terlebih dalam kondisi cuaca yang tidak mendukung.

Namun perlu Anda ketahui bahwa berkendara dengan menggunakan sepeda motor akan membuat pengendara lebih berkonsentrasi dalam berkendara dan mudah menyeimbangkan kendaraan dengan tubuh Anda. namun, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar pengendara sepeda motor tetap nyaman dalam berkendara.

Berkendara dengan menggunakan sepeda motor sebenarnya menjadi posisi tubuh yang cukup ideal karena Anda sebagai pengendara akan dibawa tegak dan terus menyeimbangkan posisi tubuh dengan kendaraan. Dengan demikian maka Anda akan terhindar dari kelelahan yang berat.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang membuat Anda lebih nyaman dalam mengendarai sepeda motor serta membuat posisi tubuh yang benar dalam mengendarai sepeda motor seperti berikut ini:

1. Tubuh Tegak dan Rileks

Posisi tubuh yang tegak dan rikeks sangat dibutuhkan dalam berkendara sepeda motor. Hal ini dikarenakan dengan menerapkan posisi ini maka Anda tidak akan mudah lelah dalam berkendara. Cobalah Anda berkendara dalam posisi membungkuk, tentu Anda akan merasa mudah lelah. Untuk itu, posisi tegak ini akan menghindari Anda dari mudah lelah dalam berkendara menggunakan sepeda motor.

Selain itu, posisi tubuh tegak dan rileks dalam berkendara akan lebih mudah bagi Anda untuk menyeimbangkan kendaraan dengan tubuh Anda. sehingga posisi tubuh yang tegak dan rileks menjadi posisi terbaik dalam berkendara dengan sepeda motor.

2. Lengan Tidak Terlalu Lurus

Perhatikan saat Anda berkendara menggunakan sepeda motor, saat Anda memegang kemudi tentu tangan Anda tidak selalu dalam keadaan lurus, kecuali saat Anda hendak melakukan sedikit peregangan. Pastikan posisi lengan saat Anda memegang stang motor harus ada jarak dengan siku sehingga lengan Anda masih ada tekukan.

Jika posisi tangan Anda erlalu lurus dan tidak ada tekukan pada siku maka Anda akan mudah merasa lelah, terlebih saat Anda akan melakukan pengereman. Dengan posisi tangan yang tidak terlalu lurus maka akan membuat Anda nyaman damlam berkendara serta memudahkan Anda dalam mengoperasikan kendaraan sepeda motor dengan mudah.

3. Lutut Rapat Kedepan

Posisi yang satu ini sangatlah penting untuk kenyamanan dan keselamatan Anda dalam berkendara. Posisi lutut yang rapat ke depan akan sangat baik untuk melindungi tubuh Anda saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, posisi lutut tersebut juga akan memudahkan Anda menyeimbangkan sepeda motor dengan tubuh Anda.

Pentingnya lagi, posisi ini menjadi posisi standar keselamatan yang menjadi bagian dari safety riding. Selain itu, posisi ini sangat mampu emnjaga keseimbangan dan keamanan Anda dalam berkendara. Posisi ini cocok dalam berbagai jenis motor.

4. Posisi Pinggul di Atas Jok

Agar Anda sebagai pengendara sepeda motor tidak mudah merasa lelah maka pastikan Anda memperhatikan tempat duduk di jok motor Anda sudah dalam keadaan benar. Biasanya pengendara sepeda motor akan melakukan peregangan dengan berdiri sejenak kemudian duduk kembali. Posisi ini paling nyaman digunakan oleh pengendara sepeda motor.

Hal ini dilakukan untuk lebih mudah menyeimbangkan posisi sepeda motor dengan tubuh Anda. selain itu, posisi ini juga akan membuat pengendara tidak mudah lelah. Sehingga pengendara mampu melanjutkan perjalanan dengan nyaman.

Itulah posisi tubuh yang benar dalam mengendarai sepeda motor. Dengan menerapkan posisi tersebut tentu Anda tidak akan mudah lelah dan lebih merasa nyaman dalam berkendara. Dengan menerapkan posisi ini Anda sudah menerapkan standar keamanan berkendara.

 

Sudah Gak Jaman Jual Motor Pake Ribet. Sekarang Bisa Jual Online Lewat Moped. Cepat, Aman dan Dapat Harga Terbaik. 

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Faktor Lain Yang Menyebabkan Motor Jadi Boros Bensin

Baca Selengkapnya

Naik Motor Yang Gak Bikin Capek, Bedanya Naik Bebek, Matik Dan Sport

Baca Selengkapnya

Populasi Kendaraan di Indonesia Mencapai 146 Juta Unit, Ternyata Paling Banyak Bukan di Jakarta!

Baca Selengkapnya

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengangkut Barang di Sepeda Motor

Baca Selengkapnya