Perhatikan Hal-hal Ini Saat Akan Membeli Motor Matic Bekas

Author Administrator | Date 2022-01-19 13:10:36 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Motor adalah salah satu  kendaraan roda dua yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Didukung dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dalia Research, menempatkan Indonesia pada urutan kedua dalam kategori negara yang menggunakan motor untuk keperluan sehari-hari. 

Salah satu jenis kendaraan roda dua yang digemari adalah motor matic. Terlepas dari ketidaknyamanannya saat digunakan membawa beban berat, motor matic masih menjadi pilihan utama bagi wanita untuk lebih mandiri dalam urusan transportasi. Produsen motor matic di Indonesia juga sudah menawarkan banyak macam pilihan. Salah satunya yaitu motor matic yang hemat BBM dan lebih ramah lingkungan.

Pilihan tersebut akan lebih sulit ketika ingin membeli motor matic dari tangan kedua. Namun tidak perlu bingung lagi, karena artikel berikut akan membahas tips-tips yang harus kalian ketahui sebelum membeli motor matic bekas.

Perhatikan 4 Hal Ini Saat akan Membeli Motor Matic Bekas

1. Tarikan awal motor yang mulus

Kenyamanan berkendara merupakan salah satu yang jadi prioritas utama bagi para pengendara motor. Untuk motor matic, tentu produsen sudah menyediakan beragam spesifikasi.

Bagi Anda yang ingin membeli motor matic bekas, pastikan salah satu spesifikasi yang utama adalah tarikan awal yang responsif. Tarikan awal yang responsif dapat dilihat dari keterangan power dan torsi kendaraan. Jumlah minimal power yang harus dimiliki motor matic adalah 12,9 dk dan 13,4 Nm untuk torsi.

2. Periksa kelengkapan surat

Langkah yang harus dilakukan selain mengecek spesifikasi adalah memeriksa kelengkapan surat. Anda harus cermat dalam memastikan STNK dan BPKB. Langkah ini sangat penting karena maraknya pemalsuan dokumen yang ada di masyarakat.

Jangan lupa untuk mengecek kecocokan nomor rangka  dan nomor mesin di badan motor dengan nomor yang sudah tertera di surat. Pastikan bahwa angka-angka itu sama persis. Jangan sampai terlewat satu angka sekalipun. Karena ketidaktelitian bisa mengantarkan pada surat motor yang palsu. Jika surat yang diberikan palsu, besar kemungkinan motor yang dijual adalah hasil pencurian.

3. Pastikan spareparts motor mudah untuk dicari

Kerusakan pada mesin atau body motor adalah hal yang tidak dapat dihindari. Apalagi kerusakan pada motor matic bekas. Sebagai pembeli, jangan sampai lupa untuk memeriksa kondisi sepeda motor. Memeriksa bahwa motor tersebut tidak memiliki goresan, penyok maupun retak. Dan jangan malu untuk membuat perjanjian yang menguntungkan kedua belah pihak.

Jika Anda setuju dengan kondisi motor yang pas-pasan, maka Anda harus ingat jika motor matic yang akan hendak dibeli memiliki spareparts yang gampang ditemui di toko. Jangan terkecoh dengan motor matic harga murah, namun memiliki sparepart dengan harga fantastis karena tidak bisa ditemui di sembarang toko perlengkapan motor.

4. Harga jual kembali yang masuk akal

Harga motor bekas memang lebih bersahabat. Namun, Anda harus cermat dalam memilih motor matic yang akan dibeli. Karena tidak semua motor matic yang memiliki harga jual kembali yang tinggi. Umumnya, sepeda motor dengan harga jual tinggi berbanding lurus dengan data penjualan dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika membeli sepeda motor matic bekas. Walaupun dibeli dari tangan kedua, Anda harus tetap mencermati hal-hal kecil sehingga pembelian tidak meninggalkan penyesalan.

 

Sudah Gak Jaman Jual Motor Pake Ribet. Sekarang Bisa Jual Online Lewat Moped. Cepat, Aman dan Dapat Harga Terbaik. 

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Faktor Lain Yang Menyebabkan Motor Jadi Boros Bensin

Baca Selengkapnya

Naik Motor Yang Gak Bikin Capek, Bedanya Naik Bebek, Matik Dan Sport

Baca Selengkapnya

Populasi Kendaraan di Indonesia Mencapai 146 Juta Unit, Ternyata Paling Banyak Bukan di Jakarta!

Baca Selengkapnya

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengangkut Barang di Sepeda Motor

Baca Selengkapnya