Motor Sport Pakai Pelat Nomor di Windshield, Aturannya Bagaimana?

Author Administrator | Date 2021-04-16 18:27:17 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Di Indonesia mewajibkan semua jenis kendaraan memasang plat nomor berada di depan dan belakang motor, karena sudah masuk dalam undang-undang.

Tanpa plat nomor depan itu memang motor jadi keren lebih sporty tidak ada yang mengganggu pandangan desain asli sang kuda besi, tapi ingat bahwa ini sudah menjadi aturan di Indonesia yang harus ditaati oleh semua pemilik kendaraan bermotor. Nah, salah satu hal sepele yang kerap dilakukan pengendara motor sport adalah mengenai pemasangan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

Lantas bagaimana jika dilihat dari segi aturan? "Tidak boleh karena ada aturannya mengenai pemasangan plat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB)," kata AKP Gede Oka Sukamto selaku Kanit Lantas Kebon Jeruk Polres Jakarta Barat, dikutip dari GridOto.com.

AKP Gede menegaskan, pada dasarnya penempatan pelat itu harus terlihat jelas alias kasatmata. "Hal itu sudah tertuang dalam Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan (UU LLAJ) tahun 2009 sudah diatur mengenai bentuk, ukuran, warna dan cara pemasangannya," bebernya.

Polisi pun tegas menyatakan syarat kendaraan dapat melaju di jalanan, salah satunya dengan memasang nomor polisi atau pelat motor.

Karena dengan nomor kendaraan, polisi menjadi lebih mudah mengindentifikasi kendaraan yang melintas jalan. Sementara itu, jika tidak memasang plat nomor, maka akan terkena pidana Pasal 280 UU 22 Tahun 2009 (UU Lalu Lintas) di mana setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di jalan yang tidak dipasangi TNKB yang ditetapkan oleh kepolisian negara RI sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

Artikel terbaru kami

Honda PCX 160 Check Engine Nyala, Belum Tentu Rusak, Penyebabnya Bisa Jadi Ini

Baca Selengkapnya

Hal yang Wajib Dipahami jika Ingin Turing Sepeda Motor Malam Hari

Baca Selengkapnya

Puasa, Pengendara Motor Waspada Dehidrasi

Baca Selengkapnya

5 Cara Jaga Kondisi Sokbreker Motor Tetap dalam Kondisi Prima

Baca Selengkapnya