Motor Matic Apa yang Super Hemat Pengeluarannya Selain Honda BeAT

Author Administrator | Date 2021-10-13 20:45:39 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Kalau bahas irit alias hemat, motor pertama yang terpikirkan kebanyakan Honda BeAT. Ternyata, ada motor matic yang gak kalah rekomen bikers buat punya motor, selain Honda BeAT.

Motor matic yang dimaksud ialah All New Honda Scoopy, yang juara MOTOR Plus Award 2021 kategori Best Total Cost of Ownership di kelas Matic Medium (Rp 20-30 juta).

Pada kategori ini, ada beberapa indikator supaya ketemu hasil Total Cost of Ownership atau biaya kepemilikan. Mulai dari pengeluaran bensin, pajak kendaraan bermotor (PKB) sampai dengan biaya servis.

Menurut hasil uji tim otomotif, konsumsi bensin Honda Scoopy terbaru berada di angka 55,7 km/liter. PKB Honda Scoopy sekitar Rp 292 ribu yang didapat 2 persen dari NJKB di DKI Jakarta, dan biaya servisnya Rp 232.500 untuk setahun pertama dari data bengkel resmi.

Untuk mengetahui biaya kepemilikan Honda Scoopy, perlu dihitung dulu pengeluaran bensinnya selama setahun. Caranya 12.000 km dibagi konsumsi bensin Scoopy, lalu dikali Rp 7.650.

Angka 12.000 km merupakan rata-rata pemakaian motor selama setahun, dan Rp 7.650 harga bensin Pertalite, karena memakai BBM tersebut saat pengujian. Setelah ketemu pengeluaran bensinnya, tinggal ditambah pajaknya dan biaya servis setahun.

Dari penjumlahan Rp 1.648.114,90 + Rp 292.000 + Rp 232.500, ketemu biaya kepemilikan Honda Scoopy Rp 2.172.614,90 setahun pertama. Kalau per harinya tinggal dibagi 365, atau Rp Rp 5.952,37. Pas buat bikers yang kesehariannya pakai motor, biar gak cekak pengeluarannya.

 

Solusi Jual Motor Cepat dari Moped

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Cara Blokir STNK agar Tidak Kena Pajak Progresif

Baca Selengkapnya

Sudah Sekitar 90 Ribuan Orang Bikin SIM via Aplikasi Sinar

Baca Selengkapnya

Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Solusi untuk Menanganinya

Baca Selengkapnya

Hindari Kebiasaan Buruk Ini saat Memiliki Sepeda Motor

Baca Selengkapnya