Mau Aman Berkendara pada Musim Hujan? Ini Tipsnya

Author Administrator | Date 2021-04-16 12:24:22 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Beberapa wilayah di Indonesia tengah memasuki musim hujan. Bukan berarti dalam kondisi hujan menjadi alasan Sobat Moped malas dalam berkendara.

Alasan lain yaitu faktor keamanan, padahal jika mempersiapkan dan menguasai teknik berkendara tentunya kalian akan aman dalam berkendara.

Dalam kondisi hujan tentunya wajib mengenakan jas hujan model baju dan celana. Di samping itu situasi jalanan akan menjadi becek dan licin sehingga jarak pandang, pengereman, dan pengaturan gas berbeda pada umumnya.

Ada empat hal yang wajib diperhatikan saat musim hujan tiba, dikutip dari GilaMotor.com

1. Periksa Fungsi Lampu Kendaraan

Cek seluruh lampu motor, apakah berfungsi dengan baik? Lampu sangat membantu untuk melihat dalam jarak pandang terbatas karena hujan. Terus nyalakan lampu utama dari siang hari dan hujan gerimis untuk memberitahukan posisi kendaraan kalian pada pengendara lain di jalan.

2. Periksa Kondisi Ban

Sobat Moped bisa cek kondisi tekanan udara ban dan kedalaman alurnya secara rutin minimal seminggu sekali. Kondisi baik dari dua hal ini dapat membantu motor ber-aqua planing atau melayang di atas air dan tergelincir atau selip.

3. Kurangi Kecepatan Saat Mengendarai Motor

Dalam kondisi hujan harus ekstra hati-hati dalam membawa motor karena permukaan jalan pasti licin dan dapat membuat ban  selip. Berkendara dengan kecepatan yang sedikit lebih rendah lebih baik karena daya cengkram bannya jauh lebih kuat.

4. Jaga Jarak Aman

Saat hujan jarak pandangan atau tingkat visibilitas menjadi semakin terbatas. Jangan ragu untuk menggunakan klakson atau lampu jauh untuk menandai keberadaan kita saat kita akan melewati kendaraan di depan. Selain itu, patut diingat bahwa saat hujan, jarak aman pengereman motor membutuhkan estimasi jarak yang lebih jauh ketimbang saat kerin.

Dan satu lagi, ketika ingin menerobos banjir pastikan air tidak lebih tinggi dari knalpot kalian, ya. Dan tetap selalu stabil memutar gas guna meminimalisir air masik ke dalam knalpot dan merusak mesin karena tercampur oli.

Artikel terbaru kami

Honda PCX 160 Check Engine Nyala, Belum Tentu Rusak, Penyebabnya Bisa Jadi Ini

Baca Selengkapnya

Hal yang Wajib Dipahami jika Ingin Turing Sepeda Motor Malam Hari

Baca Selengkapnya

Puasa, Pengendara Motor Waspada Dehidrasi

Baca Selengkapnya

5 Cara Jaga Kondisi Sokbreker Motor Tetap dalam Kondisi Prima

Baca Selengkapnya