Lihat Orang Naik Motor Sambil Merokok, Hindari Saja

Author Administrator | Date 2021-08-04 05:36:39 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Pengendara motor di Indonesia bisa dibilang masih ada yang melanggar aturan. Salah satu pelanggaran yang sering dilanggar adalah merokok sambil berkendara. 

Secara aturan, larangan merokok sambil berkendara ini tertulis pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat. 

Namun, di jalanan masih saja ditemui, bahkan penumpang yang juga merokok saat dibonceng. Lalu apa yang bisa dilakukan pengendara motor lainnya ketika melihat orang yang merokok sambil naik motor?

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kalau melihat ada pengendara yang merokok, jangan berada tepat di belakangnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari abu maupun bara api dari pemotor di depan. “Kemudian, selalu tutup visor helm agar aman dalam berkendara,” kata Agus.

Menutup visor helm selain melindungi dari abu rokok, bisa juga terhindar dari debu dan benda-benda kecil yang beterbangan ketika berkendara. Kemudian, tidak perlu menegur pengendara yang merokok tadi. 

“Sebagai pengendara, kita harus bisa beradaptasi dengan lingkungan berkendara. Karena belum tentu saat ditegur, pengendara tadi paham. Malah biasanya terjadi salah paham yang malah berujung berkelahi,” ucap Agus.

Artikel terbaru kami

Ini Alasan SIM Tidak Berlaku Seumur Hidup Seperti KTP, Polisi Beri Penjelasan

Baca Selengkapnya

Masuk Bulan Agustus, Penggolongan SIM C Dimulai, Ini Syarat dan Perbedaan CI dan CII

Baca Selengkapnya

Bahas Perbedaan Suspensi Belakang Honda PCX 160 dengan Versi Lawas

Baca Selengkapnya

Cara Setting Traksi Kontrol di Honda PCX 160

Baca Selengkapnya