Kiat Menjaga CVT Skutik

Author Administrator | Date 2020-11-30 06:13:22 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Skuter matik (skutik) merupakan salah satu model sepeda motor yang populer di Indonesia karena praktis digunakan. Nilai lebih dari model kendaraan roda dua ini adalah penggunaan Continuously Variable Transmission (CVT) yang membuat pengemudi tinggal tancap gas saja.

Nah, kepraktisan ini terkadang membuat pemilik kendaraan abai melakukan perawatan komponen transmisi satu ini. Padahal apabila tidak dirawat secara benar dan rutin, CVT bisa menangis. Mekanik Kembang Mulia Racing, Abdul Hamid, menjelaskan banyak pemilik skutik yang lalai melakukan pengecekan pelumas final gear atau roda-roda gigi di akhir poros roda belakang. Ditambah tidak dicantumkannya jadwal penggantian oli final gear dalam manual book juga membuat hal ini terabaikan oleh pemiliknya.

"Jika tidak diganti, daya lumasnya akan berkurang ditandai dengan perubahan warna dan berkurang kekentalannya itu," tutur Abdul Hamid dikutip Medcom.id. Jika dibiarkan, gigi-gigi rasio akan aus ditandai dengan timbulnya suara kasar dan bising seperti 'orang menangis'. Bearing juga akan cepat mengalami keausan.

"Kalau sudah begini maka tidak ada cara lain untuk memperbaikinya selain mengganti komponen gigi rasio satu set kalau ingin sembuh." Oleh karena itu, disarankan kepada pemilik skuter matik untuk mengganti oli final gear secara rutin setiap tiga bulan sekali atau setiap tiga kali ganti oli mesin. Tetapi disarankan lebih sering lebih baik.

Artikel terbaru kami

Alat ini Wajib Dibawa Saat Touring

Baca Selengkapnya

Ingat, Helm juga Punya Masa Pakai

Baca Selengkapnya

Tips Pengereman Motor Saat Kecepatan Tinggi, Sudah Tahu?

Baca Selengkapnya

Bocoran Honda CBR 150R 2021

Baca Selengkapnya