Kenapa Anak di Bawah Usia 17 Tahun Belum Boleh Mengandarai Motor?

Author Administrator | Date 2022-01-19 21:34:39 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Fenomena anak-anak di bawah umur yang mengendarai sepeda motor sering terlihat di sejumlah kota. Padahal aturan soal usia pengendara motor sudah jelas, yakni harus berusia minimal 17 tahun. Hendrik Ferianto, Instruktur Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, ada sejumlah alasan yang mendasari mengapa anak di bawah usia 17 tahun tidak boleh bawa motor. 

“Di usia 17 tahun seseorang baru dikatakan matang secara fisik dan matang secara psikologis. Kalau anak-anak berumur di bawah 17 tahun, bisa jadi mereka matang secara fisik. tapi psikologisnya belum matang,” ujar Hendrik, dalam webinar belum lama ini.

“Karena waktu Anda berkendara motor atau mobil, itu enggak cuma fisik. Enggak hanya yang penting bisa injak pedal gas mobil atau pindah persneling motor, tapi juga dibutuhkan emosi, dibutuhkan kedewasaan, dibutuhkan kebijaksanaan,” kata dia.

Menurutnya, sikap kedewasaan dan kebijaksanaan belum dimiliki anak-anak di bawah umur. Seperti diketahui, anak-anak muda cenderung tidak mempertimbangkan efek jangka panjang ketika ngebut di jalan.

“Kalau hanya ngebut, dia enggak mikir kalau terjatuh bagaimana. Itulah kenapa orang-orang di bawah umur tidak boleh bawa motor,” ucap Hendrik. Oleh sebab itu, pengenalan safety riding perlu ajarkan kepada anak-anak sejak usia dini. Cara paling sederhana dengan saling mengingatkan kepada orang terdekat. 

“Lalu bagaimana mengatasinya? Mulai dari kita, kita udah safety, safety ini jangan disimpan sendiri, kita jadi role model, minimal untuk keluarga kita,” kata Hendrik. “Tapi harus disampaikan dengan cara santun, kita mengingatkan sebagai bentuk cinta kita kepada keluarga,” ujar dia.
 

Sudah Gak Jaman Jual Motor Pake Ribet. Sekarang Bisa Jual Online Lewat Moped. Cepat, Aman dan Dapat Harga Terbaik. 

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Faktor Lain Yang Menyebabkan Motor Jadi Boros Bensin

Baca Selengkapnya

Naik Motor Yang Gak Bikin Capek, Bedanya Naik Bebek, Matik Dan Sport

Baca Selengkapnya

Populasi Kendaraan di Indonesia Mencapai 146 Juta Unit, Ternyata Paling Banyak Bukan di Jakarta!

Baca Selengkapnya

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengangkut Barang di Sepeda Motor

Baca Selengkapnya