Kenali Tanda V-Belt Skutik Mau Putus

Author Administrator | Date 2020-11-29 21:05:01 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Van belt (v-belt) merupakan salah satu bagian penting pada skuter matik yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Sama seperti perangkat penting lainnya di skutik, v-belt juga bisa mengalami masa kadaluarsa dan putus. 

Sebelum putus dan membahayakan pengendara, ada baiknya untuk segera mengganti v-belt jika terlihat sudah dalam keadaan rusak. Berikut  tanda-tanda v-belt skutik akan putus seperti mengutip Medcom.id:

1. Muncul Bunyi Aneh dari Boks CVT
Hal pertama yang bisa dirasakan adalah munculnya bunyi dari bagian boks CVT yang akan terdengar saat akselerasi awal. Selain itu pengendara juga mendengarkan bunyi seperti decitan bagian CVT sesaat sebelum skutik dijalankan. 

2. Tarikan Skutik akan Terasa Kaku dan Kasar
Umumnya, tarikan skutik yang masih normal akan terasa halus dan lancar. Sedangkan jika v-belt akan putus, tarikan skutik akan terasa keras seperti baru keluar dari rendaman air banjir.

3. Kecepatan Tinggi Sulit Dicapai
Pengendara akan mengalami kesulitan untuk mencapai kecepatan tinggi dan terasa tidak mulus. Dalam hal ini akan muncul rasa seperti kampas kopling sudah mencapai titik penghabisan dan RPM akan mengalami kenaikan sebentar tetapi kecepatan skutik tidak mengalami penambahan.

4. Getaran di Skutik
Tanda lain yang juga sering dijadikan patokan untuk mengetahui kondisi v-belt adalah mendeteksi adanya getaran skutik. Namun, getaran di skutik yang disebabkan oleh v-belt tidak bisa dijadikan patokan utama karena getaran bisa hilang setelah beberapa saat.

Sama halnya seperti produk atau barang pada umumnya, v-belt juga memiliki usia atau umur pemakaiannya. Umumnya maksimal umur pemakaian v-belt hanya pada jarak 25.000-30.000 kilometer. Jika sudah mencapai angka ini, ada baiknya pengguna segera mengganti v-belt. Terlebih jika pemilik kendaraan merupakan seseorang yang suka melakukan perjalanan jauh atau touring. Skutik yang terus-menerus digunakan untuk perjalanan jauh seperti touring akan membuat performa v-belt semakin mengalami penurunan. 

Sebagai tips, Anda bisa melakukan pengecekan atau service rutin setiap beberapa bulan sekali atau setiap jarak tempuh mengalami penambahan hingga 6.000 kilometer. Hal ini juga berguna untuk membersihkan kotoran yang ada pada v-belt.
 

Artikel terbaru kami

Alat ini Wajib Dibawa Saat Touring

Baca Selengkapnya

Ingat, Helm juga Punya Masa Pakai

Baca Selengkapnya

Tips Pengereman Motor Saat Kecepatan Tinggi, Sudah Tahu?

Baca Selengkapnya

Bocoran Honda CBR 150R 2021

Baca Selengkapnya