Kebiasaan Yang Harus Dihindari Agar V-belt Skutik Tetap Awet

Author Administrator | Date 2022-01-19 21:33:16 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Keberadaan van belt atau v-belt pada sepeda motor matik, berfungsi layaknya rantai motor konvensional. Selain bisa mengalami kerusakan, v-belt juga bisa putus bila pemilik lalai dalam hal perawatan, seperti servis rutin. 

Tapi selain karena minim perawatan, ada beberapa kebiasaan yang mempercepat rusaknya v-belt pada motor matik. Hal ini membuat umur pemakaian lebih pendek dan harus segera diganti agar tak menghambat jalannya mesin dan merusak komponen lain. Kepala Bengkel Bintang Motor Depok Ribut Wahyudi menyebutkan, ada beberapa hal yang perlu dihindari agar v-belt awet dan bisa diganti sesuai dengan batas penggunaannya, yaitu setiap 24.000 km.

"Hindari pemakaian kendaraan beban melebihi batas maksimal," ujar Ribut. Beban yang terlalu berat memaksa tarikan gas lebih kuat, efeknya membuat v-belt harus bekerja lebih keras untuk menggerakkan roda. Maka, pengendara disarankan membawa beban sesuai dengan kapasitas motornya. Ribut melanjutkan, kebiasaan yang harus dihindari adalah mengentak tuas gas dengan kasar. Hal ini bisa menyebabkan v-belt menjadi cepat aus.

Kemudian, kebiasaan memakai tuas gas dan rem yang tidak beraturan juga dapat cepat merusak v-belt. "Jangan gas dan ngerem yang sering berbarengan," kata dia. Selain menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, bahwa pengguna motor tetap perlu melakukan pengecekan dan mengganti v-belt secara berkala. 

"Setiap 8.000 km, lakukan pengecekan. Dan setiap 24.000 km, ganti v-belt," kata Endro. Jika tidak dirawat secara berkala, performa motor akan berkurang. V-belt yang rusak juga berpotensi untuk merusak komponen-komponen lain di bagian CVT motor matik.
 

Sudah Gak Jaman Jual Motor Pake Ribet. Sekarang Bisa Jual Online Lewat Moped. Cepat, Aman dan Dapat Harga Terbaik. 

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Faktor Lain Yang Menyebabkan Motor Jadi Boros Bensin

Baca Selengkapnya

Naik Motor Yang Gak Bikin Capek, Bedanya Naik Bebek, Matik Dan Sport

Baca Selengkapnya

Populasi Kendaraan di Indonesia Mencapai 146 Juta Unit, Ternyata Paling Banyak Bukan di Jakarta!

Baca Selengkapnya

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengangkut Barang di Sepeda Motor

Baca Selengkapnya