Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Spidometer Digital Motor Cepat Sunburn

Author Administrator | Date 2021-02-25 07:33:41 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Motor yang mempunyai panel instrumen atau spidometer model digital rawan terkena sunburn. Sunburn ditandai dengan munculnya bercak kuning atau putih pada layar atau panel instrumen digital.

Ternyata panel instrumen digital motor sunburn disebabkan oleh kebiasaan kita memarkir motor. "Biasanya motor yang sering diparkir di bawah sinar Matahari langsung membuat panel instrumen digitalnya lebih cepat kena sunburn," buka Aris Dianto, owner Ramet Speed 2, bengkel spesialis panel instrumen digital seperti mengutip GridOto.com.

"Apalagi, kalau parkir motor di bawah sinar Matahari langsung dengan jangka waktu yang lama," tambah pria yang akrab disapa Aris ini.

Soalnya sinar Matahari dapat merusak lapisan polarizer yang ada di panel instrumen digital. "Pancaran sinar ultraviolet (UV) langsung bisa membuat lapisan polarizer di panel instrumen gampang rusak," jelas pria yang akrab disapa Aris ini.

"Selain itu, sinar Matahari membuat suhu di panel instrumen jadi panas, sehingga bisa membuat lapisan polarizer terbakar," tambahnya saat ditemui di Jalan Kp.Taringgul, Desa Tarikolot, Citereup, Bogor, Jawa Barat.

Pada panel instrumen digital motor terdapat dua lapisan polarizer. "Kalau sunburn, yang sering kena lapisan polarizer yang berada di bawah LCD," tuturnya.

Untuk menghindari hal itu terjadi, sebaiknya hindari kebiasaan memarkir motor langsung di bawah sinar Matahari langsung. Agar panel instrumen digital termasuk speedometer terhindar dari sunburn.

Artikel terbaru kami

Ini Penyebab Paling Umum Electric Starter Tidak Mau Menyala

Baca Selengkapnya

AHM Kenalkan 12 Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT)

Baca Selengkapnya

Pentingnya Difensive Riding Sebelum Memulai Berkendara

Baca Selengkapnya

Mirip Honda Vario 150, Begini Cara Pakai Keyless Honda Scoopy Baru

Baca Selengkapnya