Kebiasaan Ini Jadi Sebab Kampas Ganda Matic Habis Sebelah

Author Administrator | Date 2021-08-03 23:32:21 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Awas! Hindari lakukan kebiasaan seperti ini saat berkendara pakai motor matic karena bikin kampas ganda CVT jadi habis sebelah.

Tanpa disadari, kampas ganda CVT habis sebelah biasanya ditemui pada saat motor servis CVT untuk pembersihan dan pelumasan ulang komponen. Sebab dalam kondisi normal, tapak kampas ganda CVT semestinya habis merata sehingga banyak yang bingung apa sebabnya.

“Persoalan ini lebih banyak ditemui di motor yang sering melalui jalanan menanjak, akibat sering menahan gas saat motor berhenti atau macet di tanjakan,” ungkap Griyan Kedia, owner bengkel matic 126 Project, Depok, Jawa Barat, dikutip dari GridOto.com

Pada saat dalam kondisi motor berhenti akibat macet di tanjakan, sebaiknya gunakan rem untuk menahan supaya motor enggak mundur. Sebab jika pakai cara menahan gas, bagian tapak kampas ganda jadi enggak menggigit dengan rata ke bagian mangkok ganda.

“Karena hanya sebelah saja bagian yang bersinggungan ke mangkok ganda, hasilnya kampas ganda jadi habis sebelah juga,” lengkapnya.

Akibat kampas ganda hanya habis sebelah, proses transfer tenaga mesin ke roda belakang di motor pun jadi enggak maksimal.

“Biasanya kampas bagian depan yang termakan duluan, saat dipakai berakselerasi motor bakal terasa gredek atau getar akibat habis sebelah,” jelas Griyan.

Supaya enggak kejadian pada kalian, gunakan rem atau parking lock jika berhenti lumayan lama di jalan tanjakan. Selain bikin kampas ganda habis sebelah, menahan motor menggunakan tenaga mesin ketika berhenti ditanjakan juga bisa bikin kampas dan mangkok ganda overheat.

Efeknya permukaan mangkok dan kampas ganda akan berubah yang sebabkan munculnya gejala slip.

Artikel terbaru kami

Ini Alasan SIM Tidak Berlaku Seumur Hidup Seperti KTP, Polisi Beri Penjelasan

Baca Selengkapnya

Masuk Bulan Agustus, Penggolongan SIM C Dimulai, Ini Syarat dan Perbedaan CI dan CII

Baca Selengkapnya

Bahas Perbedaan Suspensi Belakang Honda PCX 160 dengan Versi Lawas

Baca Selengkapnya

Cara Setting Traksi Kontrol di Honda PCX 160

Baca Selengkapnya