Jurus Bikin CVT Honda Vario 125 dan 150 Jadi Adem

Author Administrator | Date 2021-04-17 11:12:43 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

CVT Matik bila keadaan terus menerus dan terus menerus apalagi saat di kemecetan perkotaan, akan membuat transmisi CVT motor matik panas. Matik CVT pada motor memiliki 3 komponen penting, yakni drive pulley (depan), driven pulley (belakang), dan V-belt sebagai penghubung 2 pulley tersebut.

Pada ruang CVT terlihat  pulley  depan berbentuk seperti kipas. Selain untuk dudukan v-belt, bagian pulley seperti sirip kipas itu berfungsi menyemprotkan udara melalui cover plastik bagian depan di cover CVT utama.

Dari bagian itu udara panas dialirkan keluar melalui belakang CVT. Kalau Bila kondisi suhu pada CVT semakin panas pastinya banyak dampak negatif. Seperti v-belt jadi gampang selip dan karet v-belt juga gampang keras. Selain itu juga, grease CVT jadi gampang mencair.

Nah untuk mencegah hal tersebut, Dody Setiawan memberikan tips cara membuat CVT Vario 125 dan 150 lebih adem.

"Melihat konstruksi seperti itu modifikasi  aja  bagian depan yang jadi tempat masuknya udara. Caranya hanya modal solder," ucap Dody Setiawan, pengguna Vario 125 lansiran 2015, dikutip OtoSeken.id. 

Caranya, pertama kali buka terlebih dahulu bagian penutup plastik CVT pakai kunci L 5 pada ketiga bautnya. Setelah itu baru deh terlihat cover  duct  bagian dalam.

"Kalau menggandalkan lubang udara yang memang kecil banget .  Ayo bikin lubang tambahan secukupnya di samping. Tujuannya terbang udara bisa masuk membantu lubang utama" tambah Dody.

Menurutnya, jurus ini tidak akan kemasukan air, dan sudah dibuktikan langsung oleh Dody dan hasilnya CVT aman dan tidak ada air yang masuk.

Supaya lebih mudah melubanginya, buka satu baut pakai obeng plus. Keuntungan dari memberi banyak lubang, udara yang masuk akan semakin maksimal dan ujung-ujungnya suhu di dalam CVT tetap terjaga.

Juga terhindar dari panas berlebih yang akan memberikan dampak buruk bagi banyak komponen. Bagian dalam yang sudah dilubangi, ketika cover plastik dipasang kembali tidak akan terlihat dari luar atau masih terlihat standar.

Artikel terbaru kami

Honda PCX 160 Check Engine Nyala, Belum Tentu Rusak, Penyebabnya Bisa Jadi Ini

Baca Selengkapnya

Hal yang Wajib Dipahami jika Ingin Turing Sepeda Motor Malam Hari

Baca Selengkapnya

Puasa, Pengendara Motor Waspada Dehidrasi

Baca Selengkapnya

5 Cara Jaga Kondisi Sokbreker Motor Tetap dalam Kondisi Prima

Baca Selengkapnya