Jangan Salah Pilih, InI Perbedaan Oli Motor Matik dan Manual

Author Administrator | Date 2021-10-15 13:02:56 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Oli atau pelumas untuk kendaraan rupanya tidak hanya ada satu macam. Namun, satu kendaraan memiliki jenis oli berbeda. Misalnya, oli motor matik dan manual. Kedua kendaraan itu tentu berbeda dalam pemilihan oli. 

Perbedaan pelumas tersebut, tidak hanya tingkat kekentalannya saja, tetapi fungsinya berbeda. Dikutip dari laman resmi Federal Oil, Jumat (27/8), oli motor matik ada yang namanya automatic transmision fluid (ATF). Oli tersebut berfungsi sebagai pelumas dan penghantar dalam hal mekanisme perpindahan transmisi. 

Sementara oli untuk motor manual hanya untuk melumasi mesin, sedangkan oli untuk motor matik juga berfungsi melumasi perpindahan gigi transmisi. Perbedaan lain juga bisa dilihat dari penggunaan kode Japanese Automotive Standar Association (JASO). 

Jenis motor matik menggunakan kode JASO MB yang menunjukkan adanya kandungan molybdenium atau zat aditiv 'friction modifier' untuk menambah tingkat pelumasan oli sehingga bisa meningkatkan performa motor matik.

Sementara itu, motor manual ditandai kode JASO MA, yang memiliki kandungan zat aditiv senyawa dengan kampas kopling. Hal itu dimaksudkan agar kopling tidak mudah selip dan meningkatkan daya gesekan di kopling.
 

Solusi Jual Motor Cepat dari Moped

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Cara Blokir STNK agar Tidak Kena Pajak Progresif

Baca Selengkapnya

Sudah Sekitar 90 Ribuan Orang Bikin SIM via Aplikasi Sinar

Baca Selengkapnya

Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Solusi untuk Menanganinya

Baca Selengkapnya

Hindari Kebiasaan Buruk Ini saat Memiliki Sepeda Motor

Baca Selengkapnya