Ini Penyebab Paling Umum Electric Starter Tidak Mau Menyala

Author Administrator | Date 2021-04-14 08:02:14 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Keberadaan electric starter saat ini memberikan kemudahan bagi setiap pengendara motor. Sebab, pengendara motor tak perlu repot-repot lagi menyalakan kendaraan dengan kaki. Cukup tekan tombol starter yang ada di stang motor dan voila, kendaraan pun menyala dan bisa mulai dikendarai.

Namun sayangnya meski menawarkan kemudahan, electric starter ini juga seringkali bermasalah hingga membuat pemilik kendaraan kesal. Komponen kelistrikan seperti aki pun menjadi sasaran utama yang kerap disalahkan oleh para pemilik kendaraan. Sebab bagaimana pun, aki adalah sumber kelistrikan pada motor.

Sehingga apapun yang berhubungan dengan listrik dan ketika terjadi kendala, maka orang-orang akan mengira bahwa aki merekalah yang sedang soak. Padahal kenyataannya, electric starter juga bisa rusak atau ngadat namun bukan karena faktor akinya. Melainkan bisa juga karena komponen lain.

Wahana Honda memberikan informasi  penyebab paling umum yang menjadi faktor electric starter tidak mau menyala, di antaranya:

Penyebab Umum Electric Starter Tidak Mau Menyala

1. Switch Starter

Switch starter merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan dan memutus arus listrik pada kendaraan secara tidak langsung. Nah, komponen ini bisa menjadi faktor utama penyebab electric starter tidak bisa digunakan. Maka dari itu, Anda harus mengecek komponen ini terlebih dahulu sebelum benar-benar menyalahkan aki atas musibah yang Anda alami.

Cara paling mudah untuk mengeceknya apakah kendala berasal dari komponen tersebut adalah dengan menyambungkan kabel antara switch starter. Apabila Anda mendengar bunyi seperti krek-krek, maka bisa jadi itu pertanda bahwa electric starter motor Anda dalam keadaan yang tidak prima. Entah karena rusak atau mungkin terlalu kotor dan perlu dibersihkan.

2. Dinamo Starter

Meski kemungkinannya terlalu kecil, namun komponen dinamo ini juga bisa jadi faktor yang menyebabkan electric starter motor Anda sulit untuk dinyalakan. Ini bisa terjadi karena dinamo tersebut rusak yang biasanya dipicu oleh korsleting, terputus atau sejenisnya.

Solusi utama untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengganti arang kumparan yang terpasang pada dinamo. Anda bisa mendapatkannya di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari Rp 20 ribuan.

Sayangnya untuk pemasangan arang kumparan tersebut membutuhkan usaha yang sedikit lebih ekstra. Jika Anda tidak begitu paham atau bahkan tidak bisa melakukannya, lebih baik membawanya ke bengkel dan biarkan teknisi profesional yang menyelesaikannya untuk Anda. 

3. Bendik

Terakhir ada bendik yang bisa jadi faktor pemicu electric starter Anda sulit dinyalakan. Komponen ini memiliki fungsi utama untuk menyambungkan arus listrik yang dikirim oleh aki ke dinamo starter. Jika terdapat kendala pada komponen ini, arus listrik yang seharusnya disalurkan ke dinamo tidak akan terhubung dengan baik akibatnya mesin kendaraan pun tidak dapat menyala.

Jika Anda mengalami kendala pada komponen ini, biasanya saat dilakukan starter akan terdapat bunyi berisik seperti ‘cetak cetak’. Kerusakan bendik ini seringkali disebabkan oleh bagian kutubnya yang kotor dan menjadi penghalang bagi arus listrik dari aki. Untuk itu solusinya adalah dengan membersihkan bagian tersebut agar dapat berfungsi optimal seperti semula.

Nah, itulah tadi beberapa komponen yang menjadi penyebab electric starter tidak bisa dinyalakan selain karena aki. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, ya. Salam safety riding!

Artikel terbaru kami

Honda PCX 160 Check Engine Nyala, Belum Tentu Rusak, Penyebabnya Bisa Jadi Ini

Baca Selengkapnya

Hal yang Wajib Dipahami jika Ingin Turing Sepeda Motor Malam Hari

Baca Selengkapnya

Puasa, Pengendara Motor Waspada Dehidrasi

Baca Selengkapnya

5 Cara Jaga Kondisi Sokbreker Motor Tetap dalam Kondisi Prima

Baca Selengkapnya