Honda BeAT Mampir ke Bengkel, Siapkan Uang Segini

Author Administrator | Date 2021-08-03 23:31:48 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Saat memutuskan untuk membeli motor, pengeluaran Anda tidak hanya berhenti sampai pelunasan transaksi. Masih ada biaya perawatan yang mesti tetap dipikirkan. Sebab tanpa perawatan yang memadai, motor kesayangan Anda pun tidak bisa menjalankan fungsinya dengan optimal.

Baik itu motor kopling atau motor matic, semuanya membutuhkan perawatan berkala. Termasuk dalam hal servis CVT pada motor matic, untuk memastikan fungsi komponennya berjalan lancar sekaligus menjaga kebersihan transmisi.

Biaya servis CVT dan suku cadang Honda BeAT

Biaya servis motor di bengkel-bengkel spesialis relatif bervariasi. Namun di bengkel resmi, biayanya bisa ‘ditebak’. Lalu, berapa uang yang harus disiapkan untuk servis CVT Honda BeAT kesayangan Anda?

Biasanya, harga servis CVT di bengkel resmi Honda tidak akan lebih dari Rp 50.000. Namun, biaya tersebut tentunya di luar harga suku cadang, jika memang diperlukan penggantian sparepart. Berikut ini patokan harga suku cadang Honda BeAT, dikutip dari Wahana Honda:

Harga suku cadang New Honda BeAT
Roller set: Rp36.000
V-belt: Rp90.000
Kampas ganda: Rp129.000
Harga suku cadang BeAT FI eSP
Roller dan v-belt: Rp133.000
Kampas ganda: Rp139.000
Harga suku cadang servis BeAT FI
Roller set: Rp48.000
V-belt: Rp125.000
Kampas ganda: Rp132.000
Harga suku cadang servis BeAT karburator
Roller dan v-belt: Rp130.000
Kampas ganda: Rp138.000

Kapan sebaiknya servis CVT motor?

CVT alias Continuously Variable Transmission (CVT) merupakan bagian motor matic yang sangat penting dan kadang dianggap sebagai nyawa mesin. Soalnya di boks besar kiri bawah motor inilah ada berbagai komponen penting, termasuk roller, v-belt, serta kampas ganda.

Nah, biar motor kesayangan Anda tetap bernyawa, sebaiknya bawalah motor ke bengkel resmi untuk servis CVT sebulan sekali. Jadi, Anda bisa sekaligus mengetahui komponen yang masih berfungsi dengan baik, maupun yang sudah harus diganti.

Sebab jika komponen seperti roller, v-belt, dan kampas ganda telat diganti, bukan saja merepotkan, tapi juga malah bisa membahayakan keselamatan berkendara. Misalnya saja v-belt alias rantai motor matic yang terlanjur retak, akhirnya malah dapat berakibat vatal. Jadi, sudah saatnya membuat anggaran pengeluaran servis CVT untuk si Honda BeAT, ya!
 

Artikel terbaru kami

Ini Alasan SIM Tidak Berlaku Seumur Hidup Seperti KTP, Polisi Beri Penjelasan

Baca Selengkapnya

Masuk Bulan Agustus, Penggolongan SIM C Dimulai, Ini Syarat dan Perbedaan CI dan CII

Baca Selengkapnya

Bahas Perbedaan Suspensi Belakang Honda PCX 160 dengan Versi Lawas

Baca Selengkapnya

Cara Setting Traksi Kontrol di Honda PCX 160

Baca Selengkapnya