Hati-hati, Ngeyel Pakai Spion Model Ini Akan Tetap Kena Tilang

Author Administrator | Date 2021-08-04 16:50:22 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Pakai kaca spion model ini di motor bisa tetap kena tilang, spion model apa tuh? Catat brosis, ngeyel memakai kaca spion model bar end ternyata berimbas begini.

Brosis bakalan tetap kena tilang jika menggunakan spion jalu alias spion bar end. Supaya tidak kena tilang oleh polisi, kaca spion yang dipakai juga harus standar pabrik.

Dalam artian sesuai fungsinya bukan sekadar gaya saja brother. Spion dengan sesuai standar pabrik yaitu 3/4 bagian kaca bisa melihat bagian belakang.

Memiliki motor tentunya terkadang tidak luput dari sentuhan modifikasi. Salah satu bagian yang sering diubah atau dimodifikasi oleh para bikers adalah kaca spion.

Banyak bikers atau brosis yang nekat menggunakan spion bar end yang terpasang di ujung setang ini. Padahal penggunaan kaca spion bar end ini ternyata tidak disarankan bro.

Kasatlantas Jakarta Pusat, Kompol Lilik mengatakan, standarisasi penggunaan spion itu mengenai ukuran dan fungsinya.

Poin utama fungsi kaca spion adalah bisa melihat ke belakang dan samping. "Untuk spion jelas harus sesuai dengan aturan, posisi spion harus berada di atas setang kendaraan bagi roda dua. Tidak boleh ada di bawah setang motor," kata Kompol Lilik. Menurut Lilik, jika spion berada bukan di area setang, bikers bisa dikenakan tilang.

Kompol Lilik menegaskan, kaca spion juga harus terpasang di kedua sisi secara utuh. Jika hanya di salah satu sisi, tetap akan dikenakan tilang.

"Jadi kanan dan kiri harus lengkap. Kemudian berfungsi bisa melihat ke belakang dan samping. Kalau tidak ya kena tilang," jelasnya.

"Pemilik kendaraan sebaiknya mempertimbangkan modifikasi yang akan dilakukan. Jangan sampai menghilangkan fungsi utama hanya untuk gaya," tutupnya.

Nah satu hal yang perlu brosis tahu, pabrikan tentunya sudah mendesain spion sebaik mungkin. Jadi jika brother mau mengubah spion ini harus melihat juga manfaatnya, jangan asal pasang.

Itu dia brosis penjelasan mengapa menggunakan kaca spion bar end di motor tetap akan kena tilang.

Artikel terbaru kami

Ini Alasan SIM Tidak Berlaku Seumur Hidup Seperti KTP, Polisi Beri Penjelasan

Baca Selengkapnya

Masuk Bulan Agustus, Penggolongan SIM C Dimulai, Ini Syarat dan Perbedaan CI dan CII

Baca Selengkapnya

Bahas Perbedaan Suspensi Belakang Honda PCX 160 dengan Versi Lawas

Baca Selengkapnya

Cara Setting Traksi Kontrol di Honda PCX 160

Baca Selengkapnya