Dampak Buruk Jika Suka Matikan Mesin Motor Matik dengan Standar Samping

Author Administrator | Date 2022-07-05 15:12:44 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Pengguna motor matik, pasti pernah menjumpai fitur canggih yang bisa mematikan mesin tanpa memutar kunci motor. Pemotor hanya menurunkan standar samping, mesin motor pun bakal mati.

Namun apakah menggunakan fitur tersebut bakal aman? Ternyata fitur ini jika digunakan terus menerus memiliki efek buruk pada motor. Dilansir dari Wahana Honda, penggunaan standar samping secara terus menerus untuk mematikan mesin motor bisa menyebabkan boros di aki. Cara tersebut tidak langsung membuat komponen yang butuh listrik dari aki lainnya ikut mati.

Di motor matik, banyak bagian yang butuh kelistrikan dan tidak otomatis langsung mati saat kita mengaktifkan standar samping, seperti headlamp dan spidometer. Jika motor dimatikan bukan dengan cara menekan power off mesin dan hanya menggunakan standar samping, bisa membuat daya pada aki cepat terkuras.

Pengisian arus pada aki bergantung pada putaran mesin motor. Saat mesin motor matik dalam kondisi mati akibat mengaktifkan standar samping bisa membuat pengisian arus ke aki jadi terhenti. Sedangkan spidometer dan headlamp tetap butuh arus listrik dari aki. Hal ini berdampak pada aki jadi lemah dan akhirnya soak.

Untuk menghindari hal itu, sebaiknya mematikan mesin motor matik dengan kunci kontak di putar ke posisi off. Bukan hanya mengaktifkan standar samping. Untuk meminimalisir aki soak disarankan mematikan mesin motor matik melalui kunci kontak. Dengan cara ini, seluruh komponen yang menyedot listrik akan ikut mati dan tidak membebani kinerja aki motor.

 

Sudah Gak Jaman Jual Motor Pake Ribet. Sekarang Bisa Jual Online Lewat Moped. Cepat, Aman dan Dapat Harga Terbaik. 

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Kunci Setang Motor ke Arah Kanan Dapat Mempersulit Aksi Maling

Baca Selengkapnya

Barang-Barang yang Jangan Disimpan di Bagasi Jok Motor

Baca Selengkapnya

Masalah Motor Sulit Distarter Bukan Cuma Karena Masalah Aki

Baca Selengkapnya

Tips Baca Maps Sambil naik Motor Tanpa Nyasar

Baca Selengkapnya