Cuci Motor Malam Hari Ternyata Punya Efek yang Buruk

Author Administrator | Date 2021-08-04 13:19:01 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Brosis pasti pernah sekali dua kali mencuci motor saat malam hari biar paginya motor sudah bersih kinclong dan enak diajak jalan-jalan.

Biasanya brosis mencuci motor di rumah dengan alat seadanya. Padahal ada efek buruk yang siap menghantui motor jika bikers cuci motor malam hari. Sebab,biasanya setelah cuci motor malam hari, motor langsung diparkir di garasi.

Tanpa sadar, air mengendap dan masuk ke sela-sela bagian vital motor seperti as roda dan lainnya.

Logikanya begini, saat brosis mencuci malam hari dan motor langsung diparkir, air akan mengendap lebih lama dibanding siang hari atau pagi hari.

Saat siang hari atau pagi hari setelah dicuci, motor diajak riding kerja atau hang out. Otomatis air akan turun dan hilang dengan sendirinya seiring motor berjalan.

Selain itu, kalau siang hari air gampang menguap karena suhu panas. Kalau air mengendap di sela-sela motor, lama-lama akan bikin korosi dan gemuk di as roda hilang.

“Sebenarnya mau cuci malam, siang atau pagi enggak berpengaruh," bilang Reza Pahlavi Partana, owner Retromax Moto Detailing. 

"Yang penting, setelah proses pencucian, air jangan sampai ada yang mengendap di sela-sela motor," tambah Reza. "Apalagi di bagian kaki-kaki seperti as roda dan lainnya, lama lama bisa karatan,” sambungnya.

Masih menurut Reza, cuci motor yang baik adalah setelah proses pencucian, sisa air di sela-sela motor harus dibersihkan dan disemprot menggunakan angin kompresor.

“Tujuannya, menghindari air menggenang penyebab karat," bilang Reza. "Bukan hanya itu, proses pengeringan harus dilakukan dua tahapan,” lanjutnya.

Dua kali proses pengeringan ini, tahap pertama menggunkan kanebo, kemudian dilap pakai microfiber.

“Sebaiknya, untuk bagian kelistrikan seperti saklar dan lainnya, ditutup oleh plastik, supaya air enggak masuk ke dalam,” jelasnya. Soalnya, ada beberapa motor susah distarter karena air masuk ke dalam.

Juga bisa mengakibatkan karat di bagian pernya, sehingga menghalangi arus listrik. Jadi bikers harus keringkan motor dengan benar kalau mau cuci motor malam hari ya.

Artikel terbaru kami

Ini Alasan SIM Tidak Berlaku Seumur Hidup Seperti KTP, Polisi Beri Penjelasan

Baca Selengkapnya

Masuk Bulan Agustus, Penggolongan SIM C Dimulai, Ini Syarat dan Perbedaan CI dan CII

Baca Selengkapnya

Bahas Perbedaan Suspensi Belakang Honda PCX 160 dengan Versi Lawas

Baca Selengkapnya

Cara Setting Traksi Kontrol di Honda PCX 160

Baca Selengkapnya