Caranya Cegah Helm Jadi Bau Apak Saat Musim Hujan

Author Administrator | Date 2021-12-04 10:46:06 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Memasuki musim hujan musuh utama helm ialah lembab. Jika kurang apik merawatnya bagian dalam helm akan berjamur dan mengeluarkan bau apak. Ahmad M dari komunitas pecinta helm, Belajar Helm, mengatakan, saat musim hujan dan jarang matahari buat menjemur, maka cukup meletakkan helm dalam posisi terbaik. Tujuan meletakkan helm dalam kondisi terbalik supaya hawa panas cepat keluar.

“Biarkan helm secara terbalik kira-kira satu jam, kemudian taruh kembali dalam keadaan normal. Kalau tidak dibalik, biasanya gampang berjamur di bagian kain dalam helmnya,” kata Ahmad kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Jika sudah terlalu basah atau lembab karena keringat atau dipakai saat hujan, cara mengeringkannya cukup diangin-angin, jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari.

“Mengeringkan helm cukup pakai kipas angin saja. Dalam waktu tiga jam juga kering kalau pakai kipas angin terus menerus. Kalau di jemur efeknya membuat Expanded Polystyrene/Styrofoam (EPS) cepat getas,” katanya.

EPS merupakan bagian busa peredam yang menempel di batok helm. Jika getas, kemampuan meredam hantaman bisa berkurang, sehingga keamana dari helm tidak maksimal. Namun jika ingin cepat kering, cukup bagian busanya saja yang dijemur. 

“Bagian busa yang bisa dicopot di helm, boleh dilepas agar lebih cepat kering. Tetapi untuk batok helmnya, cukup diangin-angin saja,” ujar Ahmad.

 

Solusi Jual Motor Cepat dari Moped

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Ternyata Ini Penyebab Oli Mesin Motor Bisa Bocor

Baca Selengkapnya

Simak Aturan Lengkap Perjalanan Darat, Laut dan Udara terkait PPKN Level 3 Nataru

Baca Selengkapnya

PPKM Level 3 Selama Natal dan Tahun Baru 2022, Baca Aturan Lengkapnya

Baca Selengkapnya

Menakjubkan, Pasutri Keliling 25 Negara Pakai Motor Honda Supra

Baca Selengkapnya