Cara Setting Traksi Kontrol di Honda PCX 160

Author Administrator | Date 2021-09-20 18:39:50 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Honda PCX 160 dibekali fitur baru traksi kontrol bernama Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur ini bisa dinonaktifkan sesuai keinginan. 

Ade Muhajir, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, untuk mematikan traksi kontrol, caranya dengan menggunakan menu di panel instrumen.

"Tekan tombol set pada bagian kiri di bawah meter cluster sampai keluar tulisan HSTC. Kemudian nonaktifkan dengan tombol set sebelah kanan. Jika tidak aktif, akan timbul tanda T silang," katanya di Cikarang.

Namun, nanti ketika mesin motor dimatikan dan kemudian dinyalakan maka fitur HSTC akan otomatis aktif kembali. Sebab, kata Ade, hal itu merupakan bagian dari sistem Honda PCX 160. "Jadi memang setting-nya begitu," katanya. 

Ade mengatakan, jika indikator HSTC menyala, artinya kontrol traksinya bekerja. Jadi, jangan kaget jika saat berkendara lambang T menyala karena berarti fiturnya bekerja. "Ketika fitur traction control tersebut tidak sedang dalam kondisi bekerja maka lambang huruf T-nya akan mati," kata Ade.

Selain PCX 160, fitur traksi kontrol juga dipakai di beberapa skutik Honda lain, seperti Honda Forza serta motor-motor berkapasitas besar. 

Ade mengatakan, HSTC adalah sistem pengendali torsi untuk menjaga stabilitas kendaraan. Mekanisme kerjanya ialah mengurangi potensi ban belakang selip saat kondisi jalan licin. 

"Cara kerjanya ialah ECM mengontrol volume bakar menjaga agar kecepatan roda belakang tetap dengan roda depan," kata Ade.

Artikel terbaru kami

Selain DKI Jakarta, 9 Wilayah Ini Bebaskan Pajak Motor yang Sudah Mati dan Gratis Bea Balik Nama

Baca Selengkapnya

Beli Motor Bekas Wajib Cek Kabel Bodi, Antisipasi Dapat Unit Rewel

Baca Selengkapnya

Cara Murah Bikin Spion Kinclong dan Jamur Hilang, Simak Caranya

Baca Selengkapnya

Belum Banyak yang Tahu, Begini Cara Polisi Ungkap Kronologi Kecelakaan Lalu Lintas

Baca Selengkapnya