Bukan Cuma Mesin Saja, Jok Motor Juga Perlu Dirawat

Author Administrator | Date 2021-02-24 22:48:34 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Merawat motor bukan hanya mengganti oli mesin dan membersihkan bodi saja. Tapi bagian lain juga perlu perawatan, seperti jok tempat kita duduk. Meski sederhana dan terlihat tidak perlu perawatan, jok motor sebenarnya juga perlu perawatan.

Pada busa jok sepeda motor pada umumnya dilapisi oleh kulit dengan berbagai bahan, namun umumnya menggunakan pelapis kulit sintetis. Pelapis kulit sintetis ini memang tidak bisa bertahan lama seperti bahan kulit sapi atau domba. Oleh karena itu, kita perlu merawat pelapis jok motor supaya awet.

Berikut ini tips merawat pelapis atau kulit jok sintetis pada sepeda motor, seperti mengutip Federal Oil:

Perawatannya sangat mudah, cukup memakai lotion khusus kulit jok motor yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Kamu tinggal rutin mengoleskannya, setiap satu atau dua bulan sekali.

Lotion khusus jok motor ini diperlukan karena kulit sintetis mudah kering. Ketika ia sudah kering maka akan pecah-pecah.  Pemakaian lotion dilakukan supaya kulit tetap lembab dan lentur sehingga tidak mudah retak atau pecah.  Kamu harus tahu bahwa kulit sintetis butuh kelembaban supaya polyurethan-nya di dalamnya tidak kering. 

Polyurethan adalah sejenis karet yang biasa dipakai untuk dibuat menjadi bahan kulit sintetis. Selain harus menggunakan lotion khsusu, saat parkir di tempat terbuka, sebaiknya gunakan penutup jok motor. Itu cara merawat kulit jok motor, semoga bermanfaat ya.

Artikel terbaru kami

Ini Penyebab Paling Umum Electric Starter Tidak Mau Menyala

Baca Selengkapnya

AHM Kenalkan 12 Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT)

Baca Selengkapnya

Pentingnya Difensive Riding Sebelum Memulai Berkendara

Baca Selengkapnya

Mirip Honda Vario 150, Begini Cara Pakai Keyless Honda Scoopy Baru

Baca Selengkapnya