Brosis Sering Campur BBM, Ini Efek Buruknya Pada Mesin Motor

Author Administrator | Date 2022-01-20 12:58:13 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Menggunakan jenis bensin yang berbeda-beda pada sepeda motor nampak sepele, namun ternyata dapat berefek negatif terhadap performa mesin. Selain bensin dari SPBU, biasanya bensin eceran yang mudah ditemukan di pinggir jalan sering jadi alternatif, khususnya bila sedang berada jauh dari lokasi tempat pengisian BBM. Walaupun tidak merusak mesin, mencampur bensin sembarangan dapat mengurangi tenaga yang dihasilkan oleh motor.

"Apabila yang sebagai pencampur bensinnya tidak bagus, ya akibatnya tenaga (motor) kurang," ujar Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM). Efek nyata yang terlihat pada motor jika pengguna sering sembarangan mencampur-campur bensin adalah knalpot yang mulai mengeluarkan asap.

Ruang pembakaran motor juga bisa cepat kotor. "Lama kelamaan, di dalam ruangan bakar akan banyak kerak karbon," ucap Endro. Kerak atau endapan karbon yang mengisi ruang bakar kemudian akan menumpuk dan bisa menyebabkan mesin menjadi lebih cepat panas dan overheat. Sedangkan Kepala Bengkel Bintang Motor Depok Ribut Wahyudi, mengatakan bahwa mencampur bensin bisa menimbulkan knocking pada motor. 

"Tidak merusak mesin, tapi bisa menimbulkan knocking atau ngelitik, bila tidak sesuai dengan kompresi motornya," kata Ribut. Knocking sendiri adalah istilah untuk menjelaskan bunyi yang menyerupai ketukan pada sebuah mesin. Biasanya, knocking terjadi akibat kesalahan penggunaan bahan bakar untuk kendaraan. 

Senada dengan Endro, Ribut menegaskan bahwa mencampur bensin juga pada akhirnya bisa menimbulkan kerak di ruang bakar. "Bisa menimbulkan timbunan kerak dalam ruang bakar," ujar Ribut.

 

Sudah Gak Jaman Jual Motor Pake Ribet. Sekarang Bisa Jual Online Lewat Moped. Cepat, Aman dan Dapat Harga Terbaik. 

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Faktor Lain Yang Menyebabkan Motor Jadi Boros Bensin

Baca Selengkapnya

Naik Motor Yang Gak Bikin Capek, Bedanya Naik Bebek, Matik Dan Sport

Baca Selengkapnya

Populasi Kendaraan di Indonesia Mencapai 146 Juta Unit, Ternyata Paling Banyak Bukan di Jakarta!

Baca Selengkapnya

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengangkut Barang di Sepeda Motor

Baca Selengkapnya