Beli Motor Bekas, Waspada Oli Mesin Rembes di CVT Motor Matic

Author Administrator | Date 2021-08-04 16:11:24 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Tips beli motor bekas, waspada kalau ada rembesan oli mesin keluar dari bagian CVT motor matic.

Sebab dalam kondisi motor normal, pasti enggak ada oli yang rembes keluar dari bagian mesin atau CVT. Nah, kalau motor matic bekas incaran kalian ada gejala oli rembes di bagian CVT, hal ini perlu diwaspadai.

“Untuk memastikan kondisinya, cover CVT perlu dibuka, biasanya terlihat dari mana asal oli yang menetes keluar lewat slang hawa di bagian bawah,” terang Agvendri Hassan, mekanik bengkel Digioto yang ada di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dikutip GridOto.com.

Slang hawa CVT biasanya terletak di bagian bawah belakang, terletak diantara CVT dan roda belakang. Selain lewat slang hawa, untuk melihat apakah ada kebocoran oli atau tidak bisa juga cek slang buntu warna bening di sebelahnya.

Pastikan tidak ada banyak oli yang terperangkap pada slang buntu berwarna bening itu. Namun, untuk memastikan memang baiknya cover CVT dibuka agar seluruh komponen CVT bisa terlihat dan diperiksa kondisinya.

“Kalau begini bisa periksa bagian sil pulley depan atau belakang. Biasanya oli yang rembes itu karena sil sudah lemah dan jebol, sehingga oli bisa menerobos masuk ke CVT,” lengkapnya.

Untuk mengatasinya, kalian hanya perlu mengganti sil pulley yang bocor lalu membersihkan komponen CVT dari oli yang merembes keluar.

Harga sil pulley sendiri enggak mahal, hanya sekitar Rp 10-25 ribu per buah tergantung motor, diluar jasa servis dan pemasangan. Namun harus segera diperbaiki supaya tidak mengakibatkan kerusakan serius pada mesin dan transmisi CVT motor matic.
 

Artikel terbaru kami

Ini Alasan SIM Tidak Berlaku Seumur Hidup Seperti KTP, Polisi Beri Penjelasan

Baca Selengkapnya

Masuk Bulan Agustus, Penggolongan SIM C Dimulai, Ini Syarat dan Perbedaan CI dan CII

Baca Selengkapnya

Bahas Perbedaan Suspensi Belakang Honda PCX 160 dengan Versi Lawas

Baca Selengkapnya

Cara Setting Traksi Kontrol di Honda PCX 160

Baca Selengkapnya