Begini Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor yang Tepat

Author Administrator | Date 2021-02-24 22:47:44 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Sejumlah sepeda motor, khususnya model bebek dan sport, masih menggunakan rantai untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Meski kondisinya berlumuran gemuk atau cairan pelumas, namun komponen satu ini juga tetap perlu diperhatikan kebersihannya agar bisa bekerja dengan optimal.

Ketika membersihkan rantai sepeda motor, tidak bisa dilakukan sembarangan. Mengutip Medcom, berikut cara membersihkan rantai sepeda motor dengan baik dan benar.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui jenis rantai motor terlebih dulu, sehingga dapat diketahui bagaimana cara membersihkan rantai motor yang cocok. Kemudian Anda harus memposisikan motor dengan standar tengah, serta jangan lupa mengecek keausan mata rantai dan sprocket gear.

Cara mengecek mata rantai dilakukan dengan menggoyangkannya ke kanan dan kiri serta menariknya ke belakang. Di sini, Anda bisa memastikan apakah komponen tersebut kendur atau tidak.

Sprocket gear yang aus bisa dilihat dari mata gear yang menajam. Setelah dicek dan diperbaiki, maka proses pembersihan rantai bisa langsung dilakukan. Kegiatan melumasi rantai penting agar kondisi rantai tidak kering. Jangan sesekali menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai. 

Oli bekas yang kotor akan mudah merusak mesin motor karena mengandung debu dan kotoran yang menempel pada komponen motor sebelumnya.

Selanjutnya untuk membersihkan sela-sela rantai dan mata rantai, maka perlu menggunakan kuas atau sikat gigi berukuran kecil atau yang pas. Hal tersebut akan memudahkan dalam membersihkan kotoran yang sulit dijangkau. Jika permukaan rantai masih kotor, maka bisa membersihkannya dengan bensin.

Cara membersihkan rantai motor dapat dilakukan dengan menggunakan bahan yang aman dan memang ampuh saat diaplikasikan. Contohnya cairan penetran, minyak tanah, hingga sabun cuci piring. Bahan lainnya yang bisa digunakan yaitu bensin, sikat gigi, dan kuas.

Pertama, posisikan motor dengan standar tengah. Kemudian oleskan bensin di permukaan rantai untuk merontokkan kerak dan kotoran pada rantai dan gear. Fungsi pengolesan bensin di permukaan rantai ini sebagai pembersih pertama, dan selanjutnya perlu dibersihkan kembali.

Pembersihan dilakukan dengan menyemprotkan cairan penetran atau minyak tanah atau sabun cuci piring ke permukaan rantai dan diamkan sesaat. Setelah itu, gosok rantai dengan sikat gigi bekas secara perlahan hingga kotoran dan sisa oli pada rantai tersebut hilang.

Selanjutnya, lakukan penyemprotan kembali untuk lebih membersihkan rantai. Kotoran di rantai dan gear akan rontok jika dibersihkan berulang kali. Jika sudah bersih, keringkan rantai dengan kain kering. Lalu lumasi rantai motor dengan cairan chain lube dengan disemprotkan di mata gear dan rantai motor.

Artikel terbaru kami

Ini Penyebab Paling Umum Electric Starter Tidak Mau Menyala

Baca Selengkapnya

AHM Kenalkan 12 Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT)

Baca Selengkapnya

Pentingnya Difensive Riding Sebelum Memulai Berkendara

Baca Selengkapnya

Mirip Honda Vario 150, Begini Cara Pakai Keyless Honda Scoopy Baru

Baca Selengkapnya