Begini Cara Bedakan Pelat Nomor Palsu dan Asli

Author Administrator | Date 2021-04-15 16:09:02 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Tak sedikit pemilik kendaraan menganggap pelat nomor kendaraan yang didapat dari pihak kepolisian kurang estetis. Maka itu, akhirnya sebagian dari mereka ada yang membuat pelat nomor palsu.

Meskipun tidak mengubah nomor yang tertera, namun pelat nomor selain yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian akan dianggap palsu. Sebab, jika ada ketidaksesuaian dengan spesifikasi yang ditetapkan, pengendara akan dikenakan sanksi hukum sesuai dengan aturan yang berlaku.

Lantas bagaimana cara membedakan pelat asli dan yang abal-abal? Menanggapi hal tersebut, Kepala Unit Lantas Polsek Ciracas AKP Gede Oka Sukamto pun berikan penjelasan.

"Pelat asli ada logo lantas sebagai tanda pengaman legalitasnya," kata Oka dikutip GridOto.com. "Ukuran tanda nomor kendaraan atau pelat nomor untuk kendaraan bermotor roda 2 dan roda 3 adalah 250—105 mm, sedangkan untuk kendaraan bermotor roda 4 atau lebih adalah 395—135 mm," sambungnya.

AKP Oka mengatakan pembeda asli dan palsu adalah material yang digunakan. Pelat asli dikatakan cenderung lebih kaku dan tak mudah terlipat ketimbang palsu. Selain itu, Oka mengatakan pelat nomor produksi kepolisian punya logo timbul resmi yang terjamin keasliannya. Sementara pelat nomor jadi-jadian yang umumnya dibuat di pinggir jalan, sangat jarang menggunakan embose logo kepolisian tersebut.

Jika mengacu pada regulasi, TNKB diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Kewajiban pelat menggunakan logo kepolisian tersebut juga tertuang pada regulasi yang tujuannya sebagai legalitas. 

Pada Pasal 39 ayat 2 berbunyi unsur-unsur pengaman TNKB sebagaimana dimaksud pada ayat 1 berupa logo lantas dan pengaman lain yang berfungsi sebagai penjamin legalitas TNKB.

Selanjutnya pada ayat 3 poin a menyebutkan TNKB harus punya dasar hitam dan tulisan putih untuk kendaraan bermotor sewa dan perseorangan. Pada ayat 4 menyebutkan penerbitan pelat nomor hanya bisa dilakukan di kepolisian melalui Samsat. Sedangkan pada ayat 5 tertulis bila TNKB tidak dikeluarkan oleh Korlantas Polri, dinyatakan tidak sah dan tidak berlaku.

Artikel terbaru kami

Honda PCX 160 Check Engine Nyala, Belum Tentu Rusak, Penyebabnya Bisa Jadi Ini

Baca Selengkapnya

Hal yang Wajib Dipahami jika Ingin Turing Sepeda Motor Malam Hari

Baca Selengkapnya

Puasa, Pengendara Motor Waspada Dehidrasi

Baca Selengkapnya

5 Cara Jaga Kondisi Sokbreker Motor Tetap dalam Kondisi Prima

Baca Selengkapnya