Bagaimana Cara Melewati Banjir Saat Naik Motor Tanpa Mogok

Author Administrator | Date 2021-12-03 20:57:44 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Memasuki musim hujan banjir dapat terjadi kapan saja. Ini yang perlu diperhatikan pengendara motor saat melakukan perjalanan. Tak jarang banjir menggenangi jalan utama sehingga sulit mencari jalur alternatif. Di sisi lain, banyak risiko jika pengendara memaksakan diri menerabas genangan air.

Bagaimana tips agar aman melintasi banjir? Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips melewati banjir naik motor agar tidak mogok di jalan: 

1. Perlengkapan motor

Pastikan saat memasuki musim hujan fairing dan juga spakbor terpasang. Fairing dan spakbor berfungsi membelah arus sehingga meminimalisir air masuk ke ruang mesin.

2. Jalan perlahan atur RPM 

Atur cara berkendara Anda. Jalan perlahan dan pastikan Anda mengatur Revolutions Per Minute (RPM) gas dengan benar. Jangan biarkan RPM melemah saat melewati banjir. Tetapah beri tambahan gas untuk menjaga air masuk dalam lubang knalpot yang dapat membuat motor mogok. 

3. Pertahankan gigi terendah 

Saat melewati banjir pertahankan posisi gigi pada transmisi terendah. Cara ini berlaku bagi motor gede yang memiliki kopling maupun motor bebek. 

Untuk motor matic salah satu caranya dengan memberikan rpm tinggi yang disertakan dengan rem. Cara ini dianjurkan untuk mencegah air masuk ke dalam lubang knalpot lewat tekanan udara yang dihasilkan. Sementara rem digunakan untuk menjinakan laju motor supaya motor terkontrol. 

4. Tutup saluran udara 

Cara ini dilakukan saat motor terjebak banjir dan terpaksa harus melewatinya. Siapkan plastik dan karet untuk melindungi komponen saluran udara seperti filter udara, karburator, tutup oli dan juga cangklongan busi. Pastikan semua tertutup rapat jangan beri celah air masuk.
 

Solusi Jual Motor Cepat dari Moped

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Ternyata Ini Penyebab Oli Mesin Motor Bisa Bocor

Baca Selengkapnya

Simak Aturan Lengkap Perjalanan Darat, Laut dan Udara terkait PPKN Level 3 Nataru

Baca Selengkapnya

PPKM Level 3 Selama Natal dan Tahun Baru 2022, Baca Aturan Lengkapnya

Baca Selengkapnya

Menakjubkan, Pasutri Keliling 25 Negara Pakai Motor Honda Supra

Baca Selengkapnya