Awas Kenali Ciri-ciri Kendaraan Dengan BPKB Duplikat

Author Administrator | Date 2022-07-05 17:07:04 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Sekarang tiap kali ganti pemilik kendaraan dipastikan ganti BPKB, jadi pemilik baru enggak tahu apakah BPKB baru ini asli atau bukan. Awas dapat kendaraan BPKB dupilkat kenali cirinya karena sekarang tak ada tulisan DUPLIKAT lagi, jadi ketahui bedanya.

Jika dapat kendaraan BPKB duplikat berisiko harga jadi murah kalau suatu saat akan dijual lagi. Perlu diketahui, BPKB duplikat ini dibuat biasanya karena hilang, kena banjir atau terbakar. 

Bahkan ngerinya, BPKB yang asli diagunkan di koperasi lalu dibikin BPKB duplikat. Karena koperasi jarang yang punya debt collector atau koperasinya telat melapor ke Samsat untuk blokir BPKB asli. Pemilik kendaraan yang nakal menggadaikan BPKB asli kemudian dibuatkan BPKB duplikat, kemudian pemilik kendaraan nakal ini menjual mobil atau motor dengan BPKB duplikat.

Nah, supaya enggak dapat kendaraan BPKB duplikat kenali cirinya walau tak ada tulisan DUPLIKAT itu. Sebenarnya bisa ditanyakan kepada petugas Samsat soal keaslinya BPKB. Tapi, akan repot karena mau tranksaksi jual-beli kendaraan harus bolak-balik samsat. 

Seperti pernah dialami Yudha, pemilik showroom kendaraan bekas di daerah Rajeg, Kabupaten Tangerang. Yudha beli kendaraan bekas, kemudian baru ketahuan BPKB-nya duplikat setelah kendaraan mau dileasing, pihak leasing menolak karena BPKB-nya duplikat, padahal tidak ada tulisan DUPLIKAT di BPKB.

“Kalo BPKB duplikat seharusnya ada tulisan DUPLIKAT walau BPKB sekarang ganti setiap balik nama baru,” jelas Yudha yang keturunan Kuningan-Jambi itu. Rupanya si pemilik kendaraan main mata dengan petugas yang nulis BPKB. Agar tulisan DUPLIKAT-nya tidak ditulis, katanya bisa bayar, sekitar Rp 100 ribu.

Konon yang biasa main begini biro jasa yang kenal dengan orang dalam. Dari pengalaman itu, Yudha jadi tahu ciri-ciri BPKB duplikat walau tidak ada tulisan DUPLIKAT.

“Coba lihat lembar ke-3 dari halaman BPKB. Disana ada Dokumentasi Persyaratan Registrasi. Di BPKB duplikat tidak dicantumkan nomor faktur. Ini akan dikosongkan oleh petugasnya,” jelas Yudha.

Menurut Yudah, ciri lain BPKB duplikat walau tidak ada tulisan DULIKAT yaitu masih pada lembar ke-3 itu ada keterangan, tulisannya Sket No….. Ini diisi berdasarkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

Jadi, dari pengalaman Yudha itu kita tahu. Melihat BPKB duplikat tanpa tulisan DUPLIKAT lihat di lembar ke-3. Jika tanpa nomor faktur dan ada keterangan tulisan Sket No… itu BPKB duplikat.
 

Sudah Gak Jaman Jual Motor Pake Ribet. Sekarang Bisa Jual Online Lewat Moped. Cepat, Aman dan Dapat Harga Terbaik. 

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Kunci Setang Motor ke Arah Kanan Dapat Mempersulit Aksi Maling

Baca Selengkapnya

Barang-Barang yang Jangan Disimpan di Bagasi Jok Motor

Baca Selengkapnya

Masalah Motor Sulit Distarter Bukan Cuma Karena Masalah Aki

Baca Selengkapnya

Tips Baca Maps Sambil naik Motor Tanpa Nyasar

Baca Selengkapnya