Apabila Jalan Lancar, Jari Tidak Perlu Standby di Tuas Rem

Author Administrator | Date 2021-12-04 05:52:18 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Mengendarai motor memang perlu skill yang wajib dilatih. Pasalnnya, mengendarai motor dengan aman, bukan sekadar bisa saja, tetapi ada beberapa teknik dasar yang perlu diketahui pengendara. 

Misalnya seperti posisi tangan ketika berkendara, masih sering ditemui pengendara motor yang jalanan kosong, tetapi jari tangan kanannya stand by atau diam di tuas rem. Bahkan kerap terlihat lampu rem motor tersebut menyala, yang artinya tangan secara tidak sadar menarik tuas rem. 

Dengan berkendara seperti itu, selain kampas rem bisa habis sia-sia, tetapi juga tidak aman. Ada beberapa hal yang perlu diketahui bagaimana memposisikan jari ketika sedang berkendara.

Muhamad Arief, Trainer Yamaha Riding Academy mengatakan, posisi jari yang stand by di tuas rem depan sebenarnya kembali lagi ke situasi dan kondisi. Misalnya memang perlu stand by jika kondisi jalan agak macet atau melihat sesuatu di depan dan akan melakukan pengereman.

“Tidak perlu stand by jika situasi jalan kosong atau normal, serta saat melakukan akselerasi atau ngegas. Jadi tangan memegang grip gas lebih maksimal dengan semua jari,” ucap Arief.

Selain itu, posisi jari tangan kanan yang tidak stand by di tuas rem bisa menghindari pengereman yang tidak disadari pengendara. Takutnya, ketika bertemu jalan yang jelek, tangan pengendara malah menarik tuas rem dengan keras dan terjatuh. 

“Saat jalan rusak, takut tangan tiba-tiba reflek untuk ngerem, ini potensi jatuhnya besar. Melakukan pengereman di jalan rusak harus lebih halus agar tidak mudah selip,” kata Arief.
 

Solusi Jual Motor Cepat dari Moped

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Ternyata Ini Penyebab Oli Mesin Motor Bisa Bocor

Baca Selengkapnya

Simak Aturan Lengkap Perjalanan Darat, Laut dan Udara terkait PPKN Level 3 Nataru

Baca Selengkapnya

PPKM Level 3 Selama Natal dan Tahun Baru 2022, Baca Aturan Lengkapnya

Baca Selengkapnya

Menakjubkan, Pasutri Keliling 25 Negara Pakai Motor Honda Supra

Baca Selengkapnya