Alat ini Wajib Dibawa Saat Touring

Author Administrator | Date 2021-01-19 21:05:17 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Bicara  anak touring pastinya identik dengan  bepergian jarak jauh pakai motor dengan peralatan lengkap. Betul sekali, aktivitas touring pakai motor jadi favorit bikers untuk sekedar menghilangkan jenuh dan penat pikiran.

Nah, harus tahu nih anak touring wajib bawa 6 alat ini biar perjalanan menyenangkan dan gak pusing akibat motor masalah di jalan. Bukan tanpa sebab, jika salah satu pengendara ada yang mengalami masalah pada motor bisa saling memberikan bantuan.

Tentu memberikan bantuan bukan hanya sekedar support semangat saja, perlu juga gerakan bongkar-membongkar motor. Pastinya bongkar motor butuh alat-alat atau yang biasa disebut 'Kunci' yang bisa ngebantu benerin motor.

Nah, sobat Moped perlu tahu nih kunci apa saja sih yang perlu dibawa saat touring apalagi jarak yang ditempuh sudah direncakanan jauh. "Yang namanya touring biasanya jaraknya kan jauh dan waktunya gak bisa ditentuin, bisa saja kena masalah di jalan gak ada bengkel jadi mau gak mau ya betulin sendiri," buka Komarudin mekanik CBR Motors, seperti mengutip Motor Plus-Online.

Nah kalau kamu hobi dan bisa benerin motor sendiri jaga-jaga mogok di jalan boleh nih catat kunci yang wajib ada harus dibawa. "Ya sebenarnya gak banyak paling 6 aja sih kaya kunci busi, obeng, tang dan kunci L sama selulose tape alias selotip," sambung pria yang akrab disapa bang Komar ini. Catat nih bro 6 alat yang wajib dibawa saat touring motor biar perjalanan makin tenang

1. Obeng Plus (+) dan Minus (-) 
"Obeng nih sepele tapi penting dan wajib ada karena banyak yang bisa dibenerin pakai obeng," jelas bang Komar.

2. Tang
Dengan pakai Tang bikers bisa membuka baut jika kebetulan gak bawa kunci lainnya, bisa juga buat potong kabel atau menyetel carburator.

3. Kunci Busi
Bikers wajib bawa kunci busi dan harus sesuai dengan tipe dan jenis motor yang bikers bawa nih. Biasanya sih sudah ada di bagasi motor atau di bawah jok ya dari pabrikan, tapi kalau gak ada ya wajib dibawa dong

4. Kunci L (lengkap)
"Jangan lupa juga bawa kunci L nih yang lengkap tapi, karena jarang juga yang bawa dan punya kalau tiba-tiba mogok," tutur mekanik berusia 37 tahun ini.

5. Kunci Pas atau Kunci Ring 'Penting' 
Kenapa penting? Kebanyakan baut pada motor berukuran 8, 10, 12, 14 hingga 17 nah wajib deh tuh bikers siapin. “Kunci ring paling enak dan aman buat buka baut, karena pas jadi lebih baik sih bawa dua-duanya kunci ring sama kunci pas," imbuhnya. 

6. Selotip Listrik (Selotip hitam)
"Nah jangan lupa solasi listrik atau solasi hitam, buat ngebungkus kabel kalau bikers menyambung kabel motor di jalan biar gak korslet atau kebakaran di jalan," tutup bang Komar di bengkelnya di Jl. Blok Dukuh, Cibubur, Jakarta Timur.

Nah jika 6 alat ini bikers sudah ada buruan letakkan pada satu tempat dan taro di bagasi motor atau ransel bikers nih. Dijamin deh aman dan tenang saat touring dengan motor kesayangan.
 

Artikel terbaru kami

Alasan Honda Belum Mau Pasang Keyless di CBR150R Terbaru

Baca Selengkapnya

Bukan Cuma Mesin Saja, Jok Motor Juga Perlu Dirawat

Baca Selengkapnya

Wajib Tahu, Ini Postur Berkendara Motor yang Baik dan Ideal

Baca Selengkapnya

Sobat Moped Yuk Kenalan dengan Komunitas Honda BeAT Club Jakarta

Baca Selengkapnya