6 Tips agar Mesin Motor Tetap Awet, meski Sering Dikendarai

Author Administrator | Date 2021-12-04 11:28:54 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Saat ini, motor merupakan kendaraan yang dipilih oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk mobilitas sehari-hari. Motor seolah begitu penting dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai sarana transportasi untuk bekerja atau travelling.

Jika mesin motor rusak, tentu sangat merepotkan. Oleh sebab itu, menjaga agar kondisi mesin motor senantiasa awet sangatlah penting. Hal itu ternyata tidaklah sulit. Ikuti saja 6 tips berikut:

1. Hindari menggeber motor

Saat mengendarai motor, hindari menggeber motor atau melakukan tarikan gas secara esktrem. Jika sering menggeber motor atau melakukan tarikan gas ekstrem, komponen-komponen pada mesin motor rawan rusak.

Tarik gas secara perlahan dengan menyesuaikan kecepatan motor. Jangan langsung menarik gas sekencang-kencangnya ketika motor baru melaju. Selain mesin lebih awet, hal itu membuat pemakaian bahan bakar semakin irit.

2. Sesuaikan gigi dengan kecepatan motor

Jika menggunakan motor manual, sesuaikan kecepatan dengan gigi. Contohnya jika jalan menanjak, gunakan gigi rendah. Saat motor baru mulai berjalan, selalu mulai dari gigi terendah.

Penggunaan gigi yang tidak sesuai kecepatan akan semakin membebani kinerja mesin sehingga membuatnya cepat rusak.

Bagi pengguna motor matic, hindari menahan gas saat berhenti di tanjakan karena akan menyebabkan sistem kopling CVT lebih cepat aus.

3. Panasi motor sebelum menggunakannya

Saat akan menggunakan motor, lebih baik untuk memanasinya sejenak agar oli kembali melapisi setiap komponen mesin. Kebiasaan ini akan mengurangi gesekan antarkomponen mesin saat motor dipacu.

Namun, sebaiknya memanasi mesin motor juga tidak terlalu lama, cukup satu menit saja. Jika tidak sempat memanasi mesin motor, pacu motor dengan kecepatan pelan selama beberapa saat.

4. Servis motor secara berkala

Agar mesin tetap awet, hendaknya rutin melakukan servis secara berkala. Hal ini penting untuk membuat mesin senantiasa dalam performa baik. Jika ada kerusakan atau keausan, mesin bisa segera diperbaiki sebelum kerusakan semakin parah.

Servis berkala idealnya dilakukan sesuai dengan petunjuk pada buku servis. Namun jika sebelum waktu servis berkala terdapat kejanggalan pada mesin, segera ke bengkel agar mesin dapat segera dicek.

5. Ganti oli secara teratur

Selain perawatan berkala, oli mesin juga harus diganti secara berkala. Hal itu karena lama-kelamaan oli akan menjadi encer atau berkurang sehingga tidak lagi optimal dalam melindungi setiap komponen mesin.

Penggantian oli biasanya sesuai dengan petunjuk pada buku servis. Itu karena setiap motor berbeda-beda ketentuan waktu penggantian olinya. 

Jika oli terlalu lama tidak diganti, gesekan antarkomponen mesin bisa menyebabkan kerusakan yang cukup parah.

6. Pakai oli berkualitas

Selain mengganti oli secara teratur, pakai oli berkualitas yang bisa maksimal memberi perlindungan pada mesin dari gesekan antarkomponen dan panas berlebih sehingga tidak cepat rusak.

Bagi pengguna motor Honda, perlindungan asli dari yang ahli tentu paling pas untuk digunakan. Astra Honda Motor (AHM) merekomendasikan pemilik motor Honda untuk menggunakan AHM Oil yang merupakan produk oli genuine motor Honda.

 

Solusi Jual Motor Cepat dari Moped

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Ternyata Ini Penyebab Oli Mesin Motor Bisa Bocor

Baca Selengkapnya

Simak Aturan Lengkap Perjalanan Darat, Laut dan Udara terkait PPKN Level 3 Nataru

Baca Selengkapnya

PPKM Level 3 Selama Natal dan Tahun Baru 2022, Baca Aturan Lengkapnya

Baca Selengkapnya

Menakjubkan, Pasutri Keliling 25 Negara Pakai Motor Honda Supra

Baca Selengkapnya