6 Langkah Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa

Author Administrator | Date 2021-12-03 23:26:28 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Pelajari cara belajar naik motor agar cepat bisa. Ini berguna agar Anda dapat beraktivitas mengendarai motor dan mendapat Surat Izin Mengemudi (SIM).

Mengendarai sepeda motor lebih efisien dan praktis tidak perlu berganti-ganti kendaraan umum, terutama bagi Anda yang tinggal jauh dari fasilitas kendaraan umum. Apalagi di masa Covid-19, berkendara sendiri lebih aman.

Bagaimana cara belajar naik motor agar cepat bisa? Dilansir dari berbagai sumber berikut ulasannya: 

1. Cari mentor yang bisa melatih mengendarai motor

Cari mentor atau orang yang kompeten mengendarai sepeda motor. Ini untuk memberikan pengetahuan dasar agar Anda bisa mengendarai motor dengan baik dan benar.

2. Pelajari teknik mekanisme dasar motor 

Cara kedua yang dapat Anda lakukan selanjutnya memahami teknik dasar, fungsi, jenis dan karakteristik motor terlebih dahulu sebelum memulai. Perlu Anda ketahui  terdapat tiga jenis motor, yakni motor matik, bebek (semi otomatis) dan motor kopling (manual). 

Kuasai teori dan teknik dasar dari ketiga jenis motor tersebut atau salah satunya. Selanjutnya, pelajari cara menghidupkan mesin, menarik gas dan rem, serta perpindahan gigi bagi motor semi otomatis atau kopling. 

3. Pelajari peraturan lalu lintas  

Jika dipastikan sudah memahami teknik dan mekanisme dasarnya, Anda perlu mempelajari tentang peraturan, rambu-rambu lalu lintas dan garis marka jalan. Ini wajib dipahami untuk membuat Anda selalu berkendara dalam posisi dan kondisi aman di jalan raya. Selain itu, selalu penggunakan perlengkapan berkendara seperti helm dan jaket. 

4. Lakukan di jalan atau lapangan sepi 

Jika Anda sudah memahami teori dan pemahaman tentang mekanisme, teknik dasar, serta peraturan lalu lintas, selanjutnya praktik mengendari sepeda motor langsung. Pastikan sebelum memulai carilah tempat aman yang baik dan proper untuk memulai latihan, seperti tempat parkiran, lapangan atau lahan kosong. 

Bagi Anda yang sudah bisa mengendarai sepeda ini akan lebih memudahkan. Sebab secara mendasar Anda sudah mengusai teknik dasar berkendara, yaitu menjaga keseimbangan. 

Jika sudah bisa mengendari motor dan bermanuver mulai coba melintas di jalan. Ini berguna untuk melatih mental dan menyesuaikan diri dengan kondisi jalan sebearnya. 

5. Pastikan cukup umur 

Langkah paling utama pastikan umur Anda mencukupi (17 tahun) mengendari sepeda motor di jalan raya. Jika belum, jangan coba-coba mengendarai motor di jalan umum. Selain berbahaya, juga bisa kena tilang karena belum memiliki SIM. 

6. Buat SIM C 

Jika sudah bisa mengendari sepeda motor dan memiliki pengatahuan berlalu lintas, buatlah SIM C. Jika lulus ujian Anda berhak mendapat SIM sebagai izin berkendara di jalan raya. 

Perlu diingat pula dalam mengendarai sepeda motor perlu kedewasaan mental dan emosi yang terkontrol dalam berkendara di jalan raya.

 

Solusi Jual Motor Cepat dari Moped

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Ternyata Ini Penyebab Oli Mesin Motor Bisa Bocor

Baca Selengkapnya

Simak Aturan Lengkap Perjalanan Darat, Laut dan Udara terkait PPKN Level 3 Nataru

Baca Selengkapnya

PPKM Level 3 Selama Natal dan Tahun Baru 2022, Baca Aturan Lengkapnya

Baca Selengkapnya

Menakjubkan, Pasutri Keliling 25 Negara Pakai Motor Honda Supra

Baca Selengkapnya